Kemendikbud, BP-PAUD dan Dikmas Kalimatan Selatan (2018) Model pengembangan penyusunan modul bahasa Indonesia pendidikan kesetaraan Paket B Kelas IX. Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kalimantan Selatan, Banjar Baru.

[img] Text
Model Pengembangan Penyusunan Modul Bahasa Indonesia Pendidikan Kesetaraan Paket B Kelas IX.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan kesetaraan merupakan pendidikan nonformal yang mencakup program paket A, B, C dengan penekanan pada penguasaan pengetahuan, keterampilan
fungsional serta pengembangan sikap dan kepribadian profesional peserta didik. Pendidikan kesetaraan memiliki karakteristik khusus, tetapi dalam pelaksanaannya hal itu tidak bisa dipisahkan dengan praktek pendidikan yang
berlangsung di sekolah formal. Pendidikan formal dan pendidikan non-formal atau pendidikan kesetaraan merupakan dua pilar penting untuk mencapai kualitas pendidikan nasional. Keduanya merupakan lembaga pendidikan yang sama-sama diorientasikan
untuk tujuan mencerdaskan kehidupan bangsa.
Kurikulum pendidikan kesetaraan dikembangkan dengan melakukan kontekstualisasi Kurikulum 2013 pendidikan formal melalui konseptualisasi, rincian materi, kejelasan ruang lingkup, deskripsi kata kerja operasional, dan rumusan kalimat. Kontekstualisasi tetap mengacu pada standar kompetensi lulusan seperti yang terdapat
dalam pendidikan formal. Prinsip yang digunakan dalam melakukan kontekstualisasi disesuaikan dengan masalah, tantangan, kebutuhan, dan karakteristik pendidikan
kesetaraan, yaitu : 1) Memastikan kompetensi dasar pendidikan kesetaraan setara dengan kompetensi
dasar pendidikan formal, 2) Menjadikan rumusan atau deskripsi kompetensi lebih operasional, 3) Memberikan penekanan khusus rumusan kompetensi pada aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap agar bisa dicapai sesuai kebutuhan yang diharapkan, sehingga menjadikan pendidikan kesetaraan mampu berperan sebagai pendidikan, 3) alternatif untuk memecahkan masalah dalam peningkatan kualitas dan pengembangan pendidikan.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Sekolah > Pembelajaran
Pendidikan > Sekolah > Sekolah Menengah Pertama
Pendidikan > Pendidikan Nonformal dan Informal > Pendidikan Kesetaraan
Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Bahasa Indonesia
Divisions: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > BP-PAUD dan Dikmas Kalimantan Selatan
Depositing User: Iin Astuti
Date Deposited: 04 Jun 2020 08:29
Last Modified: 04 Jun 2020 08:29
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/18585

Actions (login required)

View Item View Item
garudaslot 55tbet nadim togel santuy4d garuda slot