Kemendikbud, BP-PAUD dan Dikmas Kalimatan Selatan (2018) Model pengembangan penyusunan modul bahasa Indonesia pendidikan kesetaraan Paket B Kelas IX. Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kalimantan Selatan, Banjar Baru.
Text
Model Pengembangan Penyusunan Modul Bahasa Indonesia Pendidikan Kesetaraan Paket B Kelas IX.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (2MB) |
Abstract
Pendidikan kesetaraan merupakan pendidikan nonformal yang mencakup program paket A, B, C dengan penekanan pada penguasaan pengetahuan, keterampilan
fungsional serta pengembangan sikap dan kepribadian profesional peserta didik. Pendidikan kesetaraan memiliki karakteristik khusus, tetapi dalam pelaksanaannya hal itu tidak bisa dipisahkan dengan praktek pendidikan yang
berlangsung di sekolah formal. Pendidikan formal dan pendidikan non-formal atau pendidikan kesetaraan merupakan dua pilar penting untuk mencapai kualitas pendidikan nasional. Keduanya merupakan lembaga pendidikan yang sama-sama diorientasikan
untuk tujuan mencerdaskan kehidupan bangsa.
Kurikulum pendidikan kesetaraan dikembangkan dengan melakukan kontekstualisasi Kurikulum 2013 pendidikan formal melalui konseptualisasi, rincian materi, kejelasan ruang lingkup, deskripsi kata kerja operasional, dan rumusan kalimat. Kontekstualisasi tetap mengacu pada standar kompetensi lulusan seperti yang terdapat
dalam pendidikan formal. Prinsip yang digunakan dalam melakukan kontekstualisasi disesuaikan dengan masalah, tantangan, kebutuhan, dan karakteristik pendidikan
kesetaraan, yaitu : 1) Memastikan kompetensi dasar pendidikan kesetaraan setara dengan kompetensi
dasar pendidikan formal, 2) Menjadikan rumusan atau deskripsi kompetensi lebih operasional, 3) Memberikan penekanan khusus rumusan kompetensi pada aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap agar bisa dicapai sesuai kebutuhan yang diharapkan, sehingga menjadikan pendidikan kesetaraan mampu berperan sebagai pendidikan, 3) alternatif untuk memecahkan masalah dalam peningkatan kualitas dan pengembangan pendidikan.
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Sekolah > Pembelajaran Pendidikan > Sekolah > Sekolah Menengah Pertama Pendidikan > Pendidikan Nonformal dan Informal > Pendidikan Kesetaraan Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Bahasa Indonesia |
Divisions: | Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > BP-PAUD dan Dikmas Kalimantan Selatan |
Depositing User: | Iin Astuti |
Date Deposited: | 04 Jun 2020 08:29 |
Last Modified: | 04 Jun 2020 08:29 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/18585 |
Actions (login required)
View Item |