Amin, M. Mustaghfirin Panduan pelaksanaan Teaching Factory. Manual. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Jakarta.

[img] Text
Panduan_Pengembangan_TeFa.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (6MB)

Abstract

Panduan pengembangan dan pelaksanaan pembelajaran model Teaching Factory (TeFa) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) menjelaskan secara rinci tata cara mengembangkan, merancang, melaksanakan dan mengevaluasi hasil pembelajaran model Teaching Factory (TeFa) di SMK sebagai acuan bagi setiap SMK yang akan menerapkan pembelajaran model TeFa di sekolahnya serta sebagai media informasi pengembangan TeFa bagi semua pihak yang terkait.
Teaching Factory atau disebut dalam PP 41 tahun 2015 “”pabrik dalam sekolah (teaching factory)” adalah sarana produksi yang dioperasikan berdasarkan prosedur dan standar bekerja yang sesungguhnya untuk menghasilkan produk sesuai dengan kondisi nyata Industri dan tidak berorientasi mencari keuntungan””. Dalam Grand Design TeFa SMK di definisikan sebagai “suatu konsep pembelajaran di SMK berbasis produksi/jasa yang mengacu kepada standar dan prosedur yang berlaku di industri dan dilaksanakan dalam suasana seperti yang terjadi di industri”, dan dalam pelaksanaannya menuntut keterlibatan mutlak pihak industri sebagai pihak yang relevan menilai kualitas hasil pendidikan dari SMK. Teaching Factory juga harus melibatkan Pemda/Pemkot/provinsi maupun orang tua dan masyarakat dalam perencanaan, regulasi maupun implementasinya.

Item Type: Monograph (Manual)
Subjects: Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Juklak dan Juknis
Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Mutu Pendidikan
Pendidikan > Sekolah > Sekolah Kejuruan
Pendidikan > Sekolah > Pembelajaran
Divisions: Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi > Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan
Depositing User: Ms Ari Sulistiani
Date Deposited: 15 May 2020 07:30
Last Modified: 15 May 2020 07:30
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/18290

Actions (login required)

View Item View Item