Pusat Penguatan Karakter, Sekretariat Jenderal (2017) Modul pelatihan pendidikan karakter bagi guru. [Teaching Resource]
Text
Modul PPK bagi Guru.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (385kB) |
Abstract
Pendidikan karakter sudah pernah diluncurkan sebagai gerakan
nasional pada 2010. Namun, gema gerakan pendidikan karakter ini
belum cukup kuat. Karena itu, pendidikan karakter perlu digaungkan dan
diperkuat kembali menjadi gerakan nasional pendidikan karakter bangsa
melalui program nasional Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).
Lembaga pendidikan menjadi sarana strategis bagi pembentukan
karakter bangsa karena memiliki struktur, sistem dan perangkat yang
tersebar di seluruh Indonesia dari daerah sampai pusat. Pembentukan
karakter bangsa ini ingin dilaksanakan secara masif dan sistematis melalui
program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang terintegrasi dalam
keseluruhan sistem pendidikan, budaya sekolah dan dalam kerja sama
dengan komunitas. Program PPK diharapkan dapat menumbuhkan
semangat belajar dan membuat peserta didik senang di sekolah sebagai
rumah yang ramah untuk bertumbuh dan berkembang.
Tujuan program PPK adalah menanamkan nilai-nilai pembentukan
karakter bangsa secara masif dan efektif melalui implementasi nilai-nilai
utama Gerakan Nasional Revolusi Mental (religius, nasionalis, mandiri,
gotong-royong dan integritas) yang akan menjadi fokus pembelajaran,
pembiasaan, dan pembudayaan, sehingga pendidikan karakter bangsa sungguh dapat mengubah perilaku, cara berpikir dan cara bertindak
seluruh bangsa Indonesia menjadi lebih baik dan berintegritas
Item Type: | Teaching Resource |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan > Guru dan Tenaga Kependidikan > Modul Pembelajaran |
Divisions: | Sekretariat Jenderal > Pusat Penguatan Karakter |
Depositing User: | Dwi Retnawati |
Date Deposited: | 11 May 2020 01:56 |
Last Modified: | 11 May 2020 02:01 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/18178 |
Actions (login required)
View Item |