Siswantari, Siswantari and Fajarini, Catur Dyah and Suryawati, Dyah and Waspodo, R. Muktiono (2019) Penyimpangan dana alokasi khusus bidang pendidikan. Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta. ISBN 9786020792408
Text
Final_Cetak_07_Penyimpangan_DAK.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (2MB) |
Abstract
Pada tahun 2017 penyerapan DAK Fisik Reguler mencapai 76%, sementara DAK Fisik Penugasan hanya 54%. Pelaksanaan DAK disinyalir banyak tidak patuh terhadap ketentuan, sehingga menimbulkan banyak terjadi penyimpangan. Penyimpangan tersebut diantaranya: 1. Ditemukan ketidaksesuaian antara daftar pelaksanaan kegiatan dengan Usulan Rencana Kegiatan (URK) sehingga kegiatan tidak bisa direalisasikan. 2. Terjadi keterlambatan kegiatan karena terjadi perubahan rencana kegiatan. 3. Dinas Pendidikan provinsi/kabupaten/kota tidak memetakan sekolah berdasarkan data Dapodik. 4. Harga satuan yang ditetapkan di daerah 3T terlalu rendah dan tidak logis. 5. Pada tahap pelaksanaan, terjadi ketidaksesuaian antara kebutuhan sekolah dengan menu DAK yang disediakan. Koordinasi antar berbagai pihak yang berkepentingan dengan pengelolaan dan pelaksanaan DAK perlu ditingkatkan. Pemahaman tentang penganggaran sampai dengan monitoring dan evaluasi DAK sangat diperlukan, mengingat banyaknya peraturan terkait DAK.
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Penelitian dan Pengembangan Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Program dan Anggaran |
Divisions: | Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan > Pusat Penelitian Kebijakan |
Depositing User: | Mr Chaidir Amir |
Date Deposited: | 03 May 2020 01:12 |
Last Modified: | 03 May 2020 01:16 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/18042 |
Actions (login required)
View Item |