Handayani, Meni and Subijanto, Subijanto and Raharjo, Sabar Budi and Hariyanti, Erni and Waspodo, R. Muktiono (2019) Pemanfaatan hasil ujian nasional untuk meningkatkan mutu pendidikan. Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta. ISBN 9786020792378
Text
Final_Cetak_12_PEMANFAATAN_UN.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (10MB) |
Abstract
Hasil kajian menunjukkan bahwa capaian UN pada satuan pendidikan masih kurang dimanfaatkan secara maksimal sehingga perbaikan capaian hasil UN pada satuan pendidikan masih relatif belum secara siginifikan dapat meningkatkan mutu pendidikan. Capaian UN pada satuan pendidikan tidak terlepas dari peran guru matapelajaran. Oleh karena itu, pemberdayaan guru matapelajaran serumpun perlu diefektifkan dalam perbaikan hasil capaian UN pada satuan pendidikan. Wadah atau organisasi yang tepat untuk kegiatan tersebut yaitu Musyawarah Guru Matapelajaran (MGMP) untuk guru SMP dan SMA/SMK serta Kelompok Kerja Guru (KKG) untuk guru sekolah dasar.
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Penelitian dan Pengembangan Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Mutu Pendidikan Pendidikan > Siswa > Ujian Nasional |
Divisions: | Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan > Pusat Penelitian Kebijakan |
Depositing User: | Mr Chaidir Amir |
Date Deposited: | 01 May 2020 00:43 |
Last Modified: | 01 May 2020 00:43 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/18038 |
Actions (login required)
View Item |