Tim Penyusun Pedoman, Tim Penyusun Pedoman (2017) Pedoman Sastrawan Masuk Sekolah. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta. ISBN 9786024373764

[img] Text
PEDOMAN SASTRAWAN MASUK SEKOLAH.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)

Abstract

Hakikat tujuan pembelajaran sastra adalah menumbuhkan keterampilan, rasa cinta, dan penghargaan para siswa terhadap bahasa dan sastra Indonesia sebagai budaya warisan leluhur. Pembelajaran sastra di sekolah dapat membentuk karakter manusia yang berbudi luhurkarena gambaran nilai-nilai kebenaran ditranformasikan melalui peristiwa-peristiwa dalam karya sastra. Pada dasarnya sastra merupakan produk budaya, kreasi pengarang yang hidup dan terkait dengan tata kehidupan masyarakat. Sastra dapat digunakan untuk menumbuhkan kesadaran pemahaman terhadap orang lain. Para pengarang berusaha merangsang minat dan menumbuhkan rasa simpati pembaca terhadap masalah-masalah yang dihadapimelaluitokoh-tokoh yang tertindas, gagal, kalah, dan putus asa. Secara tidak langsung sastra memberikan kesadaran dengan membawa pesan untuk dipahami oleh pembacanya. Pembelajaran sastra dapat dijadikan sebagai pintu masuk dalam penanaman nilai-nilai moral, seperti kejujuran, pengorbanan, demokrasi, dan sopan santun

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Penelitian Bahasa dan Sastra
Divisions: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa > Sekretariat Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa
Depositing User: perpus dikbud
Date Deposited: 06 Feb 2020 02:34
Last Modified: 06 Feb 2020 04:14
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/17352

Actions (login required)

View Item View Item
garudaslot mariatogel slot gacor 4d santuy4d garuda slot