Tim Penyusun Pedoman, Tim Penyusun Pedoman (2017) Pedoman Sastrawan Masuk Sekolah. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta. ISBN 9786024373764
Text
PEDOMAN SASTRAWAN MASUK SEKOLAH.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) |
Abstract
Hakikat tujuan pembelajaran sastra adalah menumbuhkan keterampilan, rasa cinta, dan penghargaan para siswa terhadap bahasa dan sastra Indonesia sebagai budaya warisan leluhur. Pembelajaran sastra di sekolah dapat membentuk karakter manusia yang berbudi luhurkarena gambaran nilai-nilai kebenaran ditranformasikan melalui peristiwa-peristiwa dalam karya sastra. Pada dasarnya sastra merupakan produk budaya, kreasi pengarang yang hidup dan terkait dengan tata kehidupan masyarakat. Sastra dapat digunakan untuk menumbuhkan kesadaran pemahaman terhadap orang lain. Para pengarang berusaha merangsang minat dan menumbuhkan rasa simpati pembaca terhadap masalah-masalah yang dihadapimelaluitokoh-tokoh yang tertindas, gagal, kalah, dan putus asa. Secara tidak langsung sastra memberikan kesadaran dengan membawa pesan untuk dipahami oleh pembacanya. Pembelajaran sastra dapat dijadikan sebagai pintu masuk dalam penanaman nilai-nilai moral, seperti kejujuran, pengorbanan, demokrasi, dan sopan santun
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Penelitian Bahasa dan Sastra |
Divisions: | Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa > Sekretariat Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa |
Depositing User: | perpus dikbud |
Date Deposited: | 06 Feb 2020 02:34 |
Last Modified: | 06 Feb 2020 04:14 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/17352 |
Actions (login required)
View Item |