Pramudjono, Pramudjono and Widayati, Hermi and Ratnaningsih, Ratnaningsih and Salsabila, Ellis and Purwanto, Purwanto and Haryani, Haryani and Pujianto, Widarso and Nizar, Achmad (2012) Edumat: jurnal edukasi matematika vol. 3 no. 5 Juni 2012. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, pp. 278-354.
Text
Jurnal Edumat 5.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (5MB) |
Abstract
Jurnal kali ini berisi beberapa topik/artikel. Salah satunya berjdul Aplikasi Penskalaan PCM pada Pengukuran Hasil Belajar Geometri.
Terdapat dua teori yang digunakan untuk mengembangkan suatu alat ukur, yaitu Teori Tes Klasik (Classical Test Theory, CTT) dan Teori Respon Butir (Item Response Theory, IRT). Menurut Djemari Mardapi (2002), kedua teori tes ini berusaha untuk menaksir besarnya kemampuan subjek (seseorang) dengan tingkat kesalahan sekecil mungkin. Kedua teori tes tersebut menggunakan asumsi yang berbeda sehingga menghasilkan teknik estimasi yang juga berbeda
Salah satu model IRT polytomous adalah Partial Credit Model (PCM) (Masters, 1982). Penskalaan PCM sebagai salah satu penskalaan dalam pendekatan IRT memberikan penghargaan secara parsial terhadap respons peserta tes. Sebagai pengembangan dari model Rasch, PCM menyediakan lebih dari dua kategori jawaban pada setiap butir soal. Kondisi ini memberikan keleluasaan kepada peserta tes dalam merespons
atau memilih respons yang tersedia dan setiap kinerja mereka menentukan skor yang tertentu pula.
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Siswa Pendidikan > Sekolah > Pembelajaran Pendidikan > Sekolah > Sekolah Menengah Pertama |
Divisions: | Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan > Sekretariat Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan > PPPPTK Matematika |
Depositing User: | Mrs Sri Pudjiastuti |
Date Deposited: | 01 Feb 2020 06:02 |
Last Modified: | 01 Feb 2020 06:02 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/17205 |
Actions (login required)
View Item |