Suprapti, Suprapti Strategi dan peran pendidik dalam penanaman sikap di sekolah. LPMP Review. pp. 1-12.
Text
Strategi dan Peran Pendidik Dalam Penanaman Sikap Di Sekolah_Suprapti.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (87kB) |
Abstract
Penyelenggaraan pendidikan sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional diharapkan dapat mewujudkan
proses berkembangnya kualitas pribadi peserta didik sebagai generasi penerus bangsa di masa depan, yang diyakini akan menjadi faktor determinan bagi tumbuh kembangnya bangsa dan Negara Indonesia sepanjang zaman. Pasal 1 UU Sisdiknas menjelaskan bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses
pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan oleh dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara. Hal ini jelas bahwa penanaman sikap merupakan tujuan dari pendidikan nasional, yang artinya bahwa pendidikan nasional tidak hanya bertitik berat pada kecerdasan secara akademis semata, namun juga mengarah pada pembentukan karakter peserta didik.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Renstra Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Mutu Pendidikan Pendidikan > Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan > Sekolah > Pendidikan Karakter Pendidikan > Sekolah > Literasi Sekolah |
Divisions: | Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > LPMP Kalimantan Barat |
Depositing User: | lpmpkalbar - |
Date Deposited: | 22 Jan 2020 02:37 |
Last Modified: | 22 Jan 2020 02:37 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/17149 |
Actions (login required)
View Item |