Keling, Gendro (2015) Makam kuno Situs Geliting, Kabupaten Maumere, Nusa Tenggara Timur. Forum Arkeologi, 28 (3). pp. 187-196.
Text
85-169-1-SM.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu mengindentifikasi bentuk dan tipologi makam kuno yang berada di kompleks makam Geliting, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur. Islam menyebar ke Nusantara melalui berbagai cara, salah satunya adalah perdagangan. Salah satu jalur yang digunakan dalam pelayaran dagang Islam adalah wilayah kepuluan Maluku dan sekitarnya yang dilakukan oleh pedagang Islam dari Bugis. Bukti dilapangan menunjukkan bahwa Islam ternyata juga masuk ke wilayah Kabupaten Sikka. Untuk menjawab permasalahan, digunakan beberapa metode pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara dan kemudian dilengkapi dengan studi pustaka. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis, analisis yang digunakan yaitu arsiktektural, komparasi, dan analisis gaya. Dari hasil pengamatan dilapangan ditemukan dua buah kelompok makam Islam kuno dengan berbagai bentuk dan tipe. Kelompok I terdiri dari tiga buah makam kuno dengan berbagai tipe makam dan bentuk nisan. Kelompok II terdiri dari sembilan makam kuno dengan berbagai tipe bentuk makam dan nisan. Dari hasil analisis ditemukan bahwa makammakam ini merupakan makam Bugis dengan beberapa tipe dan variannya yang menyebar dari Sulawesi Selatan ke beberapa pusat pelabuhan dagang di Nusantara, salah satunya di Kecamatan Maumere, Kabupaten Sikka. Bentuk dan hiasan yang terdapat pada makam makam mirip dengan hiasan dan bentuk-bentuk makam Bugis pada umumnya
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kebudayaan Pendidikan > Kebudayaan > Arkeologi |
Divisions: | Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan > Pusat Penelitian Arkeologi Nasional > BALAR Bali |
Depositing User: | Balai Arkeologi Bali |
Date Deposited: | 07 Mar 2020 04:11 |
Last Modified: | 07 Mar 2020 06:18 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/17119 |
Actions (login required)
View Item |