Syah, Erny Fiany and Makhmudin, Makhmudin and Sujarwo, Anton and Khotijah, Siti and Kesumawati, Nila and Hariyadi, Slamet (2015) Edumat : jurnal edukasi matematika vol. 6 no. 12, November 2015. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Yogyakarta, pp. 730-779. ISBN 2087-0523
Text
Jurnal Edumat 12.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (6MB) |
Abstract
Jurnal Edumat vo. 6 no. 12 ini berisi beberapa artikel, salah satu diantaranya berjudul Pengembangan Modul Pembelajaran Statistika Berbasisi Masalah (Problem Based Instruction) di Kelas XI IPA SMAN 1 Cilegon.
Berdasarkan observasi dan wawancara dengan guru dan siswa di SMAN 1 Cilegon, metode pembelajaran yang banyak digunakan adalah konvensional yaitu pembelajaran yang didominasi oleh guru atau yang dikenal dengan istilah teacher centered.
Dengan pendekatan pembelajaran seperti itu, tidak mendorong bagi para siswa untuk berpikir dan
berpartisipasi secara penuh. Hal ini dapat ditunjukkan dengan kemandirian belajar siswa, kebiasaan membaca, kebiasaan latihan mandiri serta keberanian bertanya yang masih rendah.
Padahal telah terjadi perubahan cara pandang, yang semula siswa sebagai obyek tetapi sekarang siswa menjadi subyek pembelajaran. Guru dituntut
dapat memilih model pembelajaran yang dapat memacu semangat setiap siswa untuk secara aktif ikut terlibat
dalam pengalaman belajarnya. Salah satu alternatif model pembelajaran yang memungkinkan pengembangan keterampilan berpikir siswa berupa
penalaran, komunikasi, dan koneksi dalam memecahkan masalah adalah pembelajaran berbasis masalah
(Problem Based Instruction, PBI ).
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Sekolah > Pembelajaran |
Divisions: | Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan > Sekretariat Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan > PPPPTK Matematika |
Depositing User: | Mrs Sri Pudjiastuti |
Date Deposited: | 17 Jan 2020 07:46 |
Last Modified: | 17 Jan 2020 07:46 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/17111 |
Actions (login required)
View Item |