Danoebroto, Sri Wulandari and Darwis, Anissaa Alhaqqoh and Sya'roni, Ach. Reno and Amalia, Ria and Razak, Firdha and Hartini, Suryani and Endarwati, Erni Dwi (2016) Edumat : jurnal edukasi matematika vol. 7 no. 13, November 2016. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Yogyakarta, pp. 783-836. ISBN 2087-0523
Text
Jurnal Edumat 13.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (7MB) |
Abstract
Jurnal volume 7 nomor 13 November 2016 berisi beberapa artikel. Salah satunya artikel berjudul Analisis Konsepsi Mengajar Matematika yang Baik menggunakan Model Kember.
Fenomena mengajar matematika pada awal tahun 2000 di Indonesia ini menunjukkan konsepsi mengajar pada waktu itu cenderung berorientasi pada guru (teachercentered).
Sekitar tahun 2004 melalui kebijakan pemerintah dengan menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), guru didorong untuk meletakkan orientasi pengajarannya pada siswa (studentcentered). Namun, persoalannya adalah guru tidak mudah mengubah kebiasaan mengajar yang telah dilakukan selama bertahun-tahun.
Persoalan mengubah orientasi pengajaran guru dari teacher-centered menjadi student-centered dipengaruhi oleh konsepsi guru mengenai mengajar matematika yang baik. Hal ini berdasarkan hasil studi Kember (Van Rossum, E.J. & Hamer, R.,
2010) terhadap 13 kajian kualitatif mengenai konsepsi akademik tentang mengajar yang sebagian besar dilaporkan pada awal tahun 1990.
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Sekolah > Pembelajaran |
Divisions: | Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan > Sekretariat Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan > PPPPTK Matematika |
Depositing User: | Mrs Sri Pudjiastuti |
Date Deposited: | 16 Jan 2020 01:53 |
Last Modified: | 16 Jan 2020 01:53 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/17101 |
Actions (login required)
View Item |