INOVASI, INOVASI (2019) Berita INOVASI edisi VI Januari -Maret 2019. Badan Penelitian dan Pengembangan, Jakarta.
Text
Berita INOVASI edisi VI Januari - Maret 2019.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (898kB) |
Abstract
Informasi terkini seputar Inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia (INOVASI), program kemitraan Pemerintah Indonesia dan Australia dalam meningkatkan mutu pendidikan. Bermitra dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, INOVASI berupaya menemukan cara-cara yang terbukti berhasil (dan tidak berhasil) dalam meningkatkan hasil pembelajaran literasi dan numerasi siswa Indonesia di jenjang SD dan MI.
Berbagai studi dan laporan terbaru INOVASI menyajikan hasil-hasil yang muncul dari implementasi berbagai kegiatan dan program rintisan, termasuk di antaranya studi tentang inventarisasi praktik inovasi pendidikan di Jawa Timur serta studi endline program rintisan pertama INOVASI, yaitu Guru BAIK (Belajar, Aspiratif, Inklusif dan Kontekstual). Program rintisan Guru BAIK melalui serangkaian lokakarya dan kegiatan pendampingan berbasis kelas, para guru dilatih untuk mampu mengidentifikasi tantangan belajar yang dihadapi siswanya. Berdasarkan informasi tersebut, para guru kemudian mampu mengembangkan, menguji, meninjau dan melakukan iterasi berbagai solusi demi untuk mengatasi tantangan pembelajaran di kelas. Sebagai hasil dari proses tersebut, guru menjadi lebih reflektif, kompeten, dan lebih percaya diri dalam menyampaikan pembelajaran berdasarkan kurikulum, menggunakan teknik penilaian kelas, dan memecahkan masalah mereka sendiri.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Sekolah > Literasi Pendidikan > Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan > Sekolah Pendidikan > Sekolah > Literasi Sekolah |
Divisions: | Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan |
Depositing User: | perpus dikbud |
Date Deposited: | 20 Jan 2020 01:38 |
Last Modified: | 20 Jan 2020 01:38 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/17085 |
Actions (login required)
View Item |