Hafid, Abdul (2013) Ammatoa dalam kelembagaan komunitas adat Kajang. Balai Pelestarian Nilai Budaya Sulawesi Selatan, Makassar, ix-81. ISBN 9786022630357
Text (Tulisan ini memberikan gambaran tentang relasi antara manusia dengan manusia, manusia dengan alam/lingkungannya, dan manusia dengan Tuhannya di Komunitas Adat Ammatoa kajang, Kabupaten Bulukumba.)
Ammato a dalam Kelembagaan Komunitas Adat Kajang.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (21MB) |
Abstract
Komunitas adat kajang telah memengang teguh adat istiadat pengelolaan hutan, sekarang biar terpelihara dengan baik. dalam melestarikan lingkungan alam (hutan) tidak terlepas dari kepercayaan tehadap ajaran pasang, bahwa dunia yang di ciptakan oleh turi'e'A're'na (tuhan) beserta isinya haruslah dijaga keseimbangannya, terutama hutan. Oleh karenanya masyarakat adat kajang memandang alam sekitarnya (hutan ) sebagai bagian dan setara dengan ini. Oleh karna itu, haruslah selalu dijaga pelestarian alam (hutan), karna merusak hutan berarti merusak diri sendiri. Amma toa, dalam melaksanakannya peranannya, terutama terhadap pelanggaran adat yang terjadi di kawasan adat kajang, yang mengandung prinsip hubungan antara warga masyarakat dengan turi e'A're'na, antara sesama im dan hubungan im dengan lingkungannya. Seiap pelanggaran pasang bukan sejahanya merendahkan derajat pelanggaran dimata warga masyarakat adat kajang, melainkan mengusahakan warga masyarakat dan merusak lingkungan fisik kawasan adat.
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kebudayaan Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian Pendidikan > Kebudayaan > Kepercayaan Pendidikan > Kebudayaan > Kearifan lokal Pendidikan > Kebudayaan > Masyarakat Adat |
Divisions: | Direktorat Jenderal Kebudayaan > Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan > BPNB Sulawesi Selatan |
Depositing User: | Muhammad Rais |
Date Deposited: | 28 Dec 2019 05:00 |
Last Modified: | 28 Dec 2019 05:00 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/16190 |
Actions (login required)
View Item |