Rahman, Abdul (2017) Penerapan model MAKE A MATCH pada pokok bahasan tata nama senyawa untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPA 2 SMA neger1 Sebulu. BORNEO: Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, XI (2). pp. 1-11. ISSN 1858-3105

[img] Text
01 Desember 2017.pdf - Published Version

Download (158kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang
betujuan menigkatkan hasil belajar dan partisipasi siswa
pada pembelajaran kimia melalui model make a match.
Melalui model ini siswa berperan aktif dengan mencari
pasangan dari kartu soal yang dimiliki dan menuliskan
pasangan jawaban dalam lembar kerja, hal ini dilakukan
hingga 10 sesion. Penelitian ini berlangsung 2 siklus.
Diperoleh nilai rata-rata pada tes awal sebesar 67,77
dengan persentase ketuntasan 8 %, setelah melalui proses
tindakan pada siklus 1 diperoleh nilai rata-rata 78,06
dengan persentase ketuntasan 61, 11 % dan pada siklus 2
diperoleh nilai rata-rata 81,03 dengan persentase
ketuntasan 94,44 %. Dapat terlihat adanya peningkatan
hasil belajar siswa dan keaktifan siswa dalam proses
pembelajaran. Pembelajaran tidak hanya berfokus pada
guru tapi juga pada siswa. Konsekuensi dari hasil yang
diperoleh pada upaya tersebut maka guru merupakan kunci
dari permasalahan yang dihadapi. Guru harus mampu
berada pada titik sentral dalam mengatur, mengarahkan dan menciptakan suasana belajar yang efektif dan menyenagkan. Memberi ruang yang banyak bagi siswa dalam mengekplorasi pembelajaran.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Make a match, hasil belajar, tata nama senyawa kimia
Subjects: Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Mutu Pendidikan
Pendidikan > Siswa
Pendidikan > Guru dan Tenaga Kependidikan > Modul Pembelajaran
Divisions: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > LPMP Kalimantan Timur
Depositing User: lpmpkaltim -
Date Deposited: 22 Oct 2019 06:00
Last Modified: 22 Oct 2019 06:00
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/15633

Actions (login required)

View Item View Item