Rusilawati, Sri (2017) Upaya meningkatkan hasil belajar IPS materi membaca peta lingkungan setempat melalui model TGT pada siswa kelas 4C SD Negeri 002 Balikpapan Barat. BORNEO: Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, XI (1). pp. 147-153. ISSN 1858-3105
Text
12 Juni 2017.pdf - Published Version Download (349kB) |
Abstract
Penelitian ini menggunakan desain PTK yang terdiri dari 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas 4C SD Negeri 002 Balikpapan Barat yang berjumlah 31 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan (observasi) dan metode tes. Sedangkan teknik analisis data menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Setelah diadakan tindakan kelas hasil belajar siswa semakin baik, hal tersebut dapat dilihat dari nilai dan ketuntasan siswa. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu nilai rata-rata kelas pada pra siklus sebesar 64,29 kemudian pada siklus I menjadai 73,77 dan pada siklus II menjadai 87,45. Persentase ketuntasan pada pra siklus yaitu 32,26%, siklus I yaitu 64,52% dan siklus II yaitu 96,77%.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan Hasil Belajar, Teams, Games, Tournament |
Subjects: | Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Mutu Pendidikan Pendidikan > Siswa Pendidikan > Sekolah > Sekolah Dasar |
Divisions: | Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > LPMP Kalimantan Timur |
Depositing User: | lpmpkaltim - |
Date Deposited: | 23 Oct 2019 02:11 |
Last Modified: | 24 Oct 2019 07:26 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/15621 |
Actions (login required)
View Item |