Lugondang, Esti (2014) Upaya peningkatan kemampuan belajar siswa kelas XI B SMA 1 Sangata Selatan dalam mata pelajaran sosiologi melalui pempelajaran Kooperatif Numbered Head Together tahun pembelajaran 2011/2012. BORNEO: Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, VIII (2). pp. 87-108. ISSN 1858-3105
![]() |
Text
06 Desember 2014.pdf - Updated Version Download (185kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Sosiologi melalui penerapan pembelajaran kooperatif NHT II di kelas X.B SMA Negeri 1 Sangatta Selatan Tahun Pembelajaran 2011/2012.Analisis data digunakan untuk memperoleh: (1) pelaksanaan pembelajaran melalui pembelajaran NHT, (2) hasil belajar siswa melalui penerapan pembelajaran NHT, (3) peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan pembelajaran NHT.Hasil penelitian menujukkan bahwa: (1) pelaksanaan proses pembelajaran menunjukkan peningkatan dari siklus pertama sampai ke dua. (2) dengan terciptanya kelancaran dalam proses pembelajaran, maka peningkatan hasil belajar mengalami kemajuan. (3) pelaksanaan proses pembelajaran melalui pembelajaran kooperatif tipe NHT menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dengan meningkatnya nilai siswa yang lulus sesuai KKM yang ditetapkan oleh guru.Dengan demikian hasil belajar siswa melalui penerapan pembelajaran NHT dapat terbukti ditingkatkan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Kooperatif, NHT |
Subjects: | Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Mutu Pendidikan Pendidikan > Sekolah > Pembelajaran Pendidikan > Sekolah > Sekolah Menengah Atas |
Divisions: | Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > LPMP Kalimantan Timur |
Depositing User: | lpmpkaltim - |
Date Deposited: | 06 Nov 2019 03:35 |
Last Modified: | 06 Nov 2019 03:35 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/15592 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |