Mae, Ireneus (2014) Meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 023 Long Ikis pada pokok bahasan penjumlahan bilang bulat positif dan negartif melalui penggunaan media gambar garis bilangan. Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, VIII (1). pp. 283-303. ISSN 1858-3105

[img] Text
15 Juni 2014.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (246kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika di kelas IV pokok bahasan penjumlahan bilangan bulat positif dan negatif di Sekolah Dasar Negeri 023 Long Ikis. Metode penelitian ini adalah Classroom Action Research (Penelitian Tindakan Kelas). Tindakan yang dilakukan terdiri dari dua tindakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu, Planning, Acting, Observing, dan Reflecting. Adapun kelas yang diteliti adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri023 Long Ikis dengan jumlah siswa 30 orang. Setelah dilaksanakan siklus pertama yaitu guru melaksanakan praktik pembelajaran langsung diperoleh hasil pada siklus I nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 61,85. Pada siklus II nilai rata-rata 70,56. Jadi kondisi awal ke kondisi akhir terdapat peningkatan hasil belajar dari rata-rata 53,33 menjadi 70,56. Berdasarkan penelitian tindakan yang dilaksanakan melalui dua siklus, diperoleh peningkatan yang sangat berarti, sehingga dapat disimpulkan bahwa media gambar garis bilangan dapat meningkatkan hasil belajar matematika di kelas IV SDN 023 Long Ikis pada Pokok Bahasan penjumlahan bilangan bulat positif dan negatif

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Media gambar garis bilangan.
Subjects: Pendidikan > Guru dan Tenaga Kependidikan > Modul Pembelajaran
Divisions: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > LPMP Kalimantan Timur
Depositing User: lpmpkaltim -
Date Deposited: 01 Nov 2019 08:38
Last Modified: 01 Nov 2019 08:38
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/15571

Actions (login required)

View Item View Item