Sunarni, Sunarni (2014) Penggunaan alat peraga untuk meningkatkan minat belajar pelajaran IPA tentang materi makhluk hidup pada siswa kelas III SDN 024 kecamatan Samarinda Ulu kota Samarinda tahun ajaran 2009/2010. Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, VIII (1). pp. 259-282. ISSN 1858-3105

[img] Text
14 Juni 2014.pdf - Updated Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (443kB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas III. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (68,00%), siklus II (76,00%), siklus III (88,00%).Simpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan alat peraga dapat meningkatkan minat belajar dan berpengaruh positif terhadap prestasi belajar Siswa kelas III di SDN. 029 Samarinda Ulu serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Kata kunci: ilmu pengetahuan alam, makhluk hidup, alat peraga, minat belajar

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: natural sciences, living creatures, props, interest in learning
Subjects: Pendidikan > Guru dan Tenaga Kependidikan > Modul Pembelajaran
Divisions: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > LPMP Kalimantan Timur
Depositing User: lpmpkaltim -
Date Deposited: 01 Nov 2019 08:30
Last Modified: 01 Nov 2019 08:30
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/15570

Actions (login required)

View Item View Item
Slot Toto ladangtoto garudaslot santuy4d garuda slot