Ismail, Ismail (2016) Penerapan model pembelajaran inquiri untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada bidang studi IPA fisika. Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, X (1). pp. 117-128. ISSN 1858-3105
Text
12 Juni 2016.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (292kB) |
Abstract
Model pembelajaran inquiri dipandang sebagai pendekatan secara nyata akan dapat memberikan pengalaman belajar langsung kepada peserta didik sehingga peserta didik dapat merasakan, mengalami dan melalukan apa yang akan dipelajarinya sehingga menjadi suatu pengalaman dan sekaligus merupakan ilmu bagi siswa. Model pembelajaran inquiri merupakan salah satu bentuk model pembelajaran yang memberikan pengalaman pada siswa Masalah yang diteliti dalam Penelitian Tindakan Kelas ini yaitu Apakah dengan penerapan model pembelajaran Inquiri dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam bidang studi IPA pokok bahasan getaran dan gelombang siswa kelas VIII-7 SMP Negeri 12 Balikpapan tahun pelajaran 2014/2015 Peningkatan prestasi dalam setiap siklus, siklus I 64,75 kemudian meningkat pada siklus II 72,69 dan pada siklus III meningkat menjadi 76,29.Dari hipotesis tindakan yang dikemukakan dalam penelitian ini dapat disimpulkan:”Ada peningkatan prestasi belajar siswa dalam penerapan model
pembelajaran inquiri dalam bidang studi IPA pada pokok bahasan getaran dan gelombang siswa kelas VIII-7 SMP Negeri 12 Balikpapan tahun pelajaran 2014/2015
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan model pembelajaran Inquiri, peningkatan prestasi belajar siswa |
Subjects: | Pendidikan > Siswa Pendidikan > Sekolah > Pembelajaran |
Divisions: | Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > LPMP Kalimantan Timur |
Depositing User: | lpmpkaltim - |
Date Deposited: | 01 Nov 2019 05:56 |
Last Modified: | 01 Nov 2019 05:56 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/15551 |
Actions (login required)
View Item |