Suwiyadi, Suwiyadi (2013) Peningkatan aktivitas dan hasil belajar PKN dengan penggunaan pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan (PBMP) pada siswa kelas VII 9 SMP Negeri 4 Balikpapan. BORNEO: Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, VII (2). pp. 187-198. ISSN 1858-3105
Text
13 Desember 2013.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (321kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus tindakan, setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan . Subjek penelitian ini yaitu siswa Kelas VII. 9 SMP Negeri 4 Balikpapan semester genap tahun ajaran 2011-2012. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa
Kelas VII. 9 SMP Negeri 4 Balikpapan ditunjukkan dengan
peningkatan rata-rata persentase aktivitas belajar siswa.
Peningkatan hasil belajar siswa dapat diketahui dari rata-rata nilai tes sebesar 75,76 pada siklus I dan meningkat menjadi 80,21 pada siklus II, sedangkan ketuntasan belajar siswa mengalami penigkatan pada siklus I sebesar 69,44% kemudian meningkat lagi menjadi 86,11% pada siklus II. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa melalui PBMP dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemberdayaan Berpikir, aktivitas belajar, hasil belajar. |
Subjects: | Pendidikan > Sekolah > Pembelajaran Pendidikan > Sekolah > Sekolah Menengah Pertama |
Divisions: | Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > LPMP Kalimantan Timur |
Depositing User: | lpmpkaltim - |
Date Deposited: | 19 Nov 2019 01:00 |
Last Modified: | 19 Nov 2019 01:00 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/15548 |
Actions (login required)
View Item |