Hadiansyah, Hadiansyah (2015) Pengembangan perangkat pembelajaran strategi konflik kognitif berbasis eksperimen untuk mereduksi miskonsepsi IPA. Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur BORNEO, IX (1). pp. 1-14. ISSN 1858-3105
Text
01 Juni 2015.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (612kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA di kelas V pada pada materi kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi daur air di Sekolah Dasar Negeri 023 Long Ikis. Metode penelitian ini adalah Classroom Action Research (Penelitian Tindakan Kelas). Tindakan yang dilakukan terdiri dari dua tindakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu, Planning, Acting, Observing, dan Reflecting. Adapun kelas yang diteliti adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 023 Long Ikis dengan jumlah siswa 25 orang. Setelah dilaksanakan siklus pertama yaitu guru melaksanakan praktik pembelajaran langsung diperoleh hasil pada Siklus 1 nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 62,40. Pada Siklus 2 nilai rata-rata 82,40. Jadi kondisi awal ke kondisi akhir terdapat peningkatan hasil belajar dari rata-rata 48,80 menjadi 82,80. Berdasarkan penelitian tindakan yang dilaksanakan melalui dua siklus, diperoleh peningkatan yang sangat berarti, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA di kelas V SDN 023 Long Ikis pada materi kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi daur air.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cooperative Learning, Hasil Belajar, Kegiatan Manusia Yang Dapat Mempengaruhi Daur Air. |
Subjects: | Pendidikan > Siswa Pendidikan > Sekolah > Pembelajaran |
Divisions: | Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > LPMP Kalimantan Timur |
Depositing User: | lpmpkaltim - |
Date Deposited: | 01 Nov 2019 05:01 |
Last Modified: | 01 Nov 2019 05:01 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/15538 |
Actions (login required)
View Item |