Sukarti, Sukarti (2013) Pengaruh pengelolaan kelas terhadap hasil pembelajaran PKN pada siswa kelas IV SDN 016 Balikpapan tengah tahun ajaran 2010/2011. Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, 7 (2). pp. 89-110. ISSN 1858-3105
Text
07 Desember 2013.pdf - Published Version Download (329kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
pengelolaan kelas terhadap hasil belajar PKN. Metode yang
digunakan adalah metode eksperimen dengan Pre test, Post test Equivalent Group Design. Penelitian dilaksanakan di SDN 016 Balikpapan Tengah dengan teknik pengambilan sampel secara simple random sampling dan pemilihan kelas dilakukan secara random, dan didapatkan siswa kelas IV-I sebagai kelas eksperimen dan kelas IV-II sebagai kelas kontrol. Instrumen hasil belajar berupa tes berbentuk pilihan ganda yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hipotesis yang diajukan adalah hasil belajar PKN yang diajarkan dengan pengelolaan kelas lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar PKN yang diajarkan dengan tidak pengelolaan kelas. Analisis data menggunakan uji-t pada taraf signifikasi 0,05 hal ini dapat dilihat dari t hitung > t tabel.Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar PKN siswa yang diajarkan dengan pengelolaan kelas lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan tidak menggunakan pengelolaan kelas.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengelolaan kelas, kualitas |
Subjects: | Pendidikan > Siswa |
Divisions: | Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > LPMP Kalimantan Timur |
Depositing User: | lpmpkaltim - |
Date Deposited: | 09 Apr 2020 19:03 |
Last Modified: | 09 Apr 2020 19:05 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/15537 |
Actions (login required)
View Item |