Dalyana, Dalyana (2015) Upaya pemberdayaan kelompok kerja guru (KKG) dan musyawarah guru mata pelajaran (MGMP). Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, IX (1). pp. 81-94. ISSN 1858-3105
Text
07 Juni 2015.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (227kB) |
Abstract
Forum pertemuan guru di KKG/ MGMP sangat strategis sebagai wadah untuk peningkatan kompetensi, profesionalisme, dan kinerja guru. Namun kenyataan di berbagai daerah di Indonesia, masih banyak KKG/ MGMP yang belum menunjukkan peningkatan kinerja yang berarti. Oleh karenanya diperlukan berbagai upaya untuk memberdayakan KKG/ MGMP. Berbagai upaya tersebut antara lain adalah sebagai berikut: (1) Melengkapi administrasi organisasi KKG/ MGMP, (2) Menyusun program kegiatan KKG/ MGMP, (3) Memilih Nara Sumber sebagai pendukung KKG/MGMP, (5) Melengkapi sarana dan prasarana yang diperlukan, (6) Meningkatkan sistem pengelolaan KKG/ MGMP, (7) Mengatur pembiayaan KKG/ MGMP, (8) Melaksanakan pemantauan dan evaluasi yang terstandar dan berkualitas. Melalui wadah KKG/ MGMP ini diharapkan: (1) akan terpenuhinya standar minimal profesionalisme pengembangan KKG/ MGMP, sehingga menjadi salah satu alternatif yang secara langsung dapat meningkatkan profesionalisme guru, dan (2) KKG dan MGMP diharapkan menjadi gugus kendali dan penjaminan dalam rangka peningkatan mutu guru secara berkelanjutan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemberdayaan, KKG, dan MGMP. |
Subjects: | Pendidikan > Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan > Sekolah > Pembelajaran |
Divisions: | Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > LPMP Kalimantan Timur |
Depositing User: | lpmpkaltim - |
Date Deposited: | 27 Dec 2019 02:57 |
Last Modified: | 27 Dec 2019 02:57 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/15510 |
Actions (login required)
View Item |