Nurdin, Nurdin (2008) Upaya meningkatkan pembelajaran operasi hitung bilangan cacah siswa kelas IV SD Negeri 011 Malinau dengan metode berdasarkan masalah (problem posing). Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, II (2). pp. 104-116. ISSN 1858-3105
Text
08 Desember 2008.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (217kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran operasi hitung bilangan cacah siswa kelas IV SD Negeri 011 Malinau Kota dengan metode berdasarakan masalah (problem posing). Teknik pengumpulan data menggunakan panduan belajar, lembar observasi, dan pemberian tugas untuk membuat soal. Panduan belajar, lembar observasi, dan pemberian tugas diberikan pada saat proses pembelajaran berlangsung. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif berupa kemampuan siswa dalam membuat soal matematika dan menyelesaikannya berdasarkan panduan yang diberikan oleh guru. Pelaksana pembelajaran adalah peneliti, sedangkan sebagai observator adalah guru teman sejawat peneliti. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa 1. Pemahaman problem posing perlu diberikan pada siswa SD sedini mungkin untuk melatih siswa agar mampu menganalisa masalah Matematika yang dihadapi dan memotivasi siswa terbiasa berpikir kritis dan kreatif. 2. Setiap pemahaman masalah Matematika perlu ditunjang alat peraga yang kongkrit untuk dimanipulasi, supaya siswa dapat mengingat lebih lama dan masalah yang dihadapi dapat diselesaikan dengan baik.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Posing, Peningkatan Pembelajaran. |
Subjects: | Pendidikan > Siswa Pendidikan > Sekolah > Pembelajaran |
Divisions: | Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > LPMP Kalimantan Timur |
Depositing User: | lpmpkaltim - |
Date Deposited: | 27 Dec 2019 06:56 |
Last Modified: | 27 Dec 2019 06:56 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/15499 |
Actions (login required)
View Item |