Nanis, Nanis (2008) Upaya meningkatkan keterampilan mengarang siswa kelas VI SD Negeri 004 Nunukan melalui model 'bongkar pasang'. Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, II (2). pp. 77-68. ISSN 1858-3105
Text
06 Desember 2008.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (246kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pemakaian model bongkar pasang sebagai strategi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia Pokok Bahasan Mengarang Bebas siswa kelas VI SD Negeri 004 Nunukan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research) dengan rancangan penelitian kualitatif yang dilaksanakan melalui tiga tahap, yaitu: tahap (1) diagnostik, (2) terapeutik, dan (3) perancangan ulang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model bongkar pasang dapat ditingkatkan partisipasi dan kemajuan hasil yang signifikan bagi siswa dalam pembelajaran. Efektivitas penggunaan model ini diketahui dari peningkatan nilai ratarata yang dicapai siswa dalam menghasilkan karangan bebas yang baru (di luar model), baik secara isi maupun penggunaan bahasa kreatif.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | menulis karangan bebas, model bongkar pasang, penelitian tindakan |
Subjects: | Pendidikan > Siswa Pendidikan > Sekolah > Pembelajaran |
Divisions: | Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > LPMP Kalimantan Timur |
Depositing User: | lpmpkaltim - |
Date Deposited: | 27 Dec 2019 08:11 |
Last Modified: | 27 Dec 2019 08:11 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/15493 |
Actions (login required)
View Item |