Jafron, Muhammad (2012) Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Dalam Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Bela Negara Dalam Mata Pelajaran Pkn Kelas Ixc SMP Muhammadiyah 1 Samarinda. Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, VI (1). pp. 80-86. ISSN 1858-3105
Text
08 Juni 2012.pdf - Published Version Download (224kB) |
Abstract
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah meningkatkan kemampuan memecahkan masalah di kelas akan dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah bela Negara dalam pelajaran PKN. Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (Class Action Research) yaitu suatu penelitian yang dikembangkan bersama-sama untuk peneliti tentang variable yang dimanipulasikan dan dapat digunakan untuk melakukan perbaikan.Alat pengumpul data yang dipakai dalam penelitian ini antara lain : catatan guru, catatan, wawancara, angket dan dokumen yang terkait dengan siswa. Prosedur penelitian terdiri atas 4 tahap yakni perencanaan, melakukan tindakan, observasi, dan evaluasi. Refleksi dalam
tahap siklus dan akan berulang kembali poada siklus–siklus
berikutnya.Berdasarkan temuan temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang masalah bela negara dalam pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 1 Samarinda.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Berbasis Masalah, kemampaun memecahkan masalah |
Subjects: | Pendidikan > Sekolah > Pembelajaran |
Divisions: | Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > LPMP Kalimantan Timur |
Depositing User: | lpmpkaltim - |
Date Deposited: | 25 Feb 2020 03:13 |
Last Modified: | 25 Feb 2020 03:13 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/15467 |
Actions (login required)
View Item |