Isnawati, Isnawati (2010) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Di Kelas V SD Negeri 013 Samarinda Ilir Tahun Pembelajaran 2009/2010. Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, IV (2). pp. 68-79. ISSN 1858-3105

[img] Text
07 Desember 2010.pdf - Published Version

Download (267kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa melalui pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada materi pokok bahasan operasi hitung bilangan bulat di kelas V SD Negeri 013 Samarinda Ilir semester I tahun pembelajaran 2009/2010. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 013 Samarinda Ilir tahun pembelajaran 2009/2010 dengan subjek penelitian siswa kelas VB berjumlah 26 siswa dan objek penelitian adalah pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Penelitian dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Setiap Siklus dilakukan 3 kali pertemuan dan pertemuan terakhir pada setiap siklus dilakukan ulangan harian (tes akhir siklus) dengan soal berbentuk uraian (essay). Data dikumpulkan melalui dokumentasi nilai, observasi, nilai tugas, tes akhir siklus dan observasi. Dari hasil penelitian diketahui peningkatan hasil belajar pada setiap siklus sebagai berikut: nilai ratarata dasar sebesar 56,92 ke siklus I menjadi 64,19. Nilai rata-rata siklus I sebesar 64,19 ke siklus II menjadi 69,24. Nilai rata-rata siklus II sebesar 69,24 ke siklus III menjadi 77,44 mengalami peningkatan nilai rata-rata hasil belajar. Dilihat dari peningkatan rata-rata kenaikan pada setiap siklus maka dapat dikatakan bahwa poin rata-rata dari nilai dasar meningkat pada siklus I menjadi 19,61. Siklus II sebesar 20,38 dan pada siklus III sebesar 23,08. Selain itu, hasil analisis data menunjukkan bahwa aktivitas guru dan siswa secara keseluruhan pada siklus I dinilai cukup dan cukup. Pada siklus II meningkat menjadi baik dan baik dan disiklus III, aktivitas guru dan siswa secara keseluruhan mengalami perubahan sangat baik dan baik. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa dengan pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi operasi hitung bilangan bulat di kelas V SD Negeri No.013 Samarinda Ilir tahun pembelajaran 2009/2010.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kooperatif, jigsaw, hitung, bilangan bulat
Subjects: Pendidikan > Guru dan Tenaga Kependidikan > Modul Pembelajaran
Pendidikan > Sekolah > Pembelajaran
Divisions: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > LPMP Kalimantan Timur
Depositing User: lpmpkaltim -
Date Deposited: 25 Feb 2020 03:06
Last Modified: 25 Feb 2020 03:06
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/15446

Actions (login required)

View Item View Item