Yunus, Yusma (2009) PERMAINAN KARTU DAPAT MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR SISWA KELAS VII 6 SMP NEGERI 3 TARAKAN. Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, III (2). pp. 89-120. ISSN 1858-3105
Text
06 Desember 2009.pdf - Published Version Download (456kB) |
Abstract
Dalam proses pembelajaran di SMP Negeri 3 Tarakan khususnya pada pelajaran matematika selalu mengalami kendala atau kesulitan, karena pelajaran matematika adalah pelajaran yang dianggap paling susah oleh sebagian siswa. Dari hasil tes awal tergambar bahwa dari 35 siswa kelas VII 6 SMP Negeri 3 Tarakan pada tahun pembelajaran 2008/2009 ternyata 32 siswa atau 91,4 % siswa belum mencapai batas nilai ketuntasan yaitu nilai 60, sedangkan yang telah tuntas hanya 3 siswa atau 8,6 %. Setelah kegiatan belajar mengajar selesai dilaksanakan pada siklus III peneliti mengadakan ulangan harian (post test) dan hasilnya cukup menggembirakan karena dari 35 siswa, yang belum menguasai komptensi dasar yang diajarkan atau yang nilainya belum mencapai batas ketuntasan hanya 5 siswa atau sekitar 14 %. Berdasarkan pelaksanaan pembelajaran operasi hitung bilangan aljabar dengan metode game chart (permainan kartu), dapat membangkitkan minat siswa yang menyebabkan meningkatnya kualitas proses dan hasil pencapaian batas penguasaan kompetensi dasar pada operasi hitung bentuk aljabar.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Permainan Kartu, Operasi Hitung bentuk Aljabar. |
Subjects: | Pendidikan > Guru dan Tenaga Kependidikan > Modul Pembelajaran |
Divisions: | Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > LPMP Kalimantan Timur |
Depositing User: | lpmpkaltim - |
Date Deposited: | 25 Feb 2020 01:55 |
Last Modified: | 25 Feb 2020 01:55 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/15439 |
Actions (login required)
View Item |