Djarjanti, Djarjanti (2009) Peningkatan kompetensi guru bahasa Indonesia melalui pembinaan dan pengawasan di SMA negeri 7 dan SMA katolik WR. Soepratman Samarinda. Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, III (2). pp. 13-36. ISSN 1858-3105
Text
02 Desember 2009.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (316kB) |
Abstract
Penelitian tindakan sekolah ini bertujuan untuk 1] Meningkatkan kompetensi guru bahasa Indonesia melalui pembinaan dan pengawasan di SMA Negeri 7 dan SMA Katolik WR. Soepratman Samarinda. 2] Meningkatkan kompetensi guru berkaitan dengan proses pembelajaran dan media yang digunakan. 3] Meningkatkan kompetensi yang diharapkan sesuai dengan standar nasional pendidikan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 7 dan SMA Katolik WR. Soepratman Samarinda, 2 orang guru sebagai sampel penelitian dan 1 orang guru lainnya sebagai observer. 1 orang kepala sekolah sebagai observer. Setelah diadakan obeservasi, penelitian ini dapat disimpulkan pada: 1].Guru pertama bahwa kompetensi guru bahasa Indonesia, dalam pembelajaran dapat disimpulkan pada siklus pertama katagori Baik sekali = o %, Baik [17] =71 %, Cukup [7] = 29% pada siklus kedua kategori Baik sekali : [2] = 8 %. Baik [21] = 88 %, kategori Cukup [1] 2.]Pengamatan pada kemampuan guru kedua bahwa kompetensi guru bahasa Indonesia dalam pembelajaran dapat disimpulkan bahwa pada siklus pertama kategori Baik Sekali 0 %, kategori Baik [20] = 84 %. Nilai Cukup [ 4] – 16%. Siklus kedua katagori Baik Sekali [2] = 8%, kategori Baik [21] = 88 % dan kategori Cukup 1= 4 %. 3]. Pengamatan pada kemampuan guru ketiga, bahwa kompetensi guru bahasa Indonesia dalam pembelajaran dapat disimpulkan bahwa pada siklus pertama yang berkategori Baik Sekali [3] = 12 %, kategori Baik [19] = 79 %, kategori [2] = 8 %] Siklus kedua katagori Baik sekali [,4] = 16% Baik [20] = 84 %’.4] Pengamatan pada kemampuan guru keempat, bahwa kompetensi guru bahasa Indonesia dalam pembelajaran dapat disimpulkan bahwa pada siklus pertama kategori Baik Sekali A = [2] = 8%, Kategori Baik [20] = 84% Kategori Cukup = 2 =[8%], sedangkan pada siklus kedua kategori Baik Sekali 3 = 12 %, kategori Baik 21= 88 %.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru dan Tenaga Kependidikan |
Divisions: | Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > LPMP Kalimantan Timur |
Depositing User: | lpmpkaltim - |
Date Deposited: | 01 Feb 2020 06:23 |
Last Modified: | 01 Feb 2020 06:23 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/15429 |
Actions (login required)
View Item |