Sarni, Sarni (2011) Upaya meningkatkan hasil belajar matematika di kelas IV dengan teknik jigsaw pembelajaran kooperatif di SD negeri 006 Samarinda Ulu tahun ajaran 2009/2010. Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, V (2). pp. 54-66. ISSN 1858-3105
Text
06 Desember 2011.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (266kB) |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV, Dengan pembelajaran kooprative tipe Jigsaw Karena kelas IV SDN 006 Samarinda Ulu memiliki nilai yangsanga rendah, siswa yang berjumlah 29 Siswa bila pelajaran matematika menjadi beban bagi siswa. Setelah menerapkan pembelajaran kooprative Tipe Jigsaw, ternyata, hasil nilainya mencapai 68% dalam pembelajaran. Dari hasil observasi yang dilakukan Sebelum tindakan pada Siklus I (satu) atau pada kondisi awal hanya memiliki nilai sebesar 64% atau 56% dan setelah dilaksanakan tindakan pada siklus II (dua) terlihat ada nya kemajuan baik mengenai nilai, minat semangat belajar melalui kelihatan meningkat, ini dibuktikan dengan perolehan nilai pretes pada siklus, I sebesar 68% atau 56% sedangkan nilai postes mengalami peningkatan kemajuan yaitu memperoleh sebesar 70% atau 58%, Begitu seterusnya selalu menggalami peningkatan sampai dengan pelaksanaan tindakan berakhir yaitu pada siklus II. Mengalami peningkatan hasil belajar matematika dikelas IV nilai pretes sebesar 72% atau 66%.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Kooperatif, Jigsaw |
Subjects: | Pendidikan > Siswa Pendidikan > Sekolah > Pembelajaran |
Divisions: | Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > LPMP Kalimantan Timur |
Depositing User: | lpmpkaltim - |
Date Deposited: | 01 Feb 2020 05:56 |
Last Modified: | 01 Feb 2020 05:56 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/15419 |
Actions (login required)
View Item |