Utoyo, Bambang (2009) Implementasi manajemen kualitas total di dalam dunia pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, III (1). pp. 170-187. ISSN 1858-3105
Text
10 Juni 2009.pdf - Updated Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (300kB) |
Abstract
Pendidikan merupakan dasar dari kemajuan suatu bangsa, sehingga hal tersebut merupakan masalah yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Sehingga maju tidaknya suatu bangsa sangat tergantung pada pendidikan bangsa tersebut. Untuk memperoleh hasil pendidikan yang optimum, maka diperlukan ilmu manajemen yang konperhensip. Salah satu pemikiran manajemen sekolah yang mengarah sistem manajemen pendidikan dapat merujuk pada TQM (Total Quality Management) atau Manajemen Mutu Terpadu. Manajemen Mutu Terpadu ( Total Quality Management) dalam kontek pendidikan merupakan sebuah filosofi metodologi tentang perbaikan secara terus menerus, yang dapat memberikan seperangkat alat praktis kepada setiap institutsi pendidikan dalam memenuhi kebutuhan, keinginan,, dan harapan pelanggan, saat ini maupun masa yang akan datang. Penerapan TQM berarti pula adanya kebebasan untuk berpendapat. Kebebasan berpendapat akan menciptakan iklim yang dialogis antara siswa dengan guru, antara siswa dengan kepala sekolah, antara guru dan kepala sekolah, sehingga pentransferan ilmu tidak lagi bersifat one way communication, melainkan three way communication. Ini berkaitan dengan budaya akademis.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Total Quality Management |
Subjects: | Pendidikan > Sekolah > Manajemen Sekolah |
Divisions: | Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > LPMP Kalimantan Timur |
Depositing User: | lpmpkaltim - |
Date Deposited: | 01 Feb 2020 05:54 |
Last Modified: | 01 Feb 2020 05:54 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/15414 |
Actions (login required)
View Item |