Kadir, Abdul (2011) Penggunaan metode diskusi pada mata pelajaran IPS dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik di SDN 014 Tanah Grogot. Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, V (1). pp. 108-126. ISSN 1858-3105

[img] Text
09 Juni 2011.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (269kB)

Abstract

Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VI SDN 014 TANAH GROGOT tahun ajaran 2009-2010 yang keseluruhannya berjumlah 60 orang peserta didik terdiri dari 2 kelas yaitu kelas vi a dan vi b, dengan pengambilan sampel secara total sampling. metode yang digunakan adalah metode evaluasi (test), observasi, dokumentasi untuk menjawab tiga permasalahan tersebut di atas, dengan
menggunakan metode analisa deskriptif dan hipotesis. variabel penelitian terdiri dari variabel bebas dan terikat variabel independen (bebas ) yaitu penggunaan metode diskusi pada mata pelajaran ips. sedangkan variabel
dependen (terikat) adalah hasil belajar peserta didik kelas vib, SDN 014 Tanah Grogot. dari hasil perhitungan diketahui t = 2,632 pada taraf signifikansi 50%, n = 30, sedangkan pada tabel t = 2,457 sehingga t hitung > t tabel. atau dengan kata lain terdapat perbedaan prestasi belajar sejarah yang positif dan signifikan pada peserta didik kelas vi tahun ajaran 2009-2010 di SDN 014 Tanah Grogot.

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > Siswa
Pendidikan > Guru dan Tenaga Kependidikan
Pendidikan > Sekolah > Pembelajaran
Divisions: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > LPMP Kalimantan Timur
Depositing User: lpmpkaltim -
Date Deposited: 11 Oct 2019 07:00
Last Modified: 11 Oct 2019 07:00
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/15405

Actions (login required)

View Item View Item
garudaslot 55tbet garudaslot santuy4d garuda slot