Tubal, Tubal (2009) Pembelajaran tematik sebagai upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 3 SD Negeri 005 Malinau Kota tahun ajaran 2007/2008. Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, III (1). pp. 106-126. ISSN 1858-3105

[img] Text
07 Juni 2009.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (444kB)

Abstract

Lemahnya tingkat berfikir siswa menjadi sebuah tantangan besar bagi para pendidik. Oleh karena itu guru dituntut harus mampu merancang dan melaksanakan program pengalaman belajar dengan tepat agar siswa memperoleh pengetahuan secara utuh sehingga pembelajaran menjadi bermakna bagi siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas adalah suatu bentuk penelitian dengan melakukan tindakantindakan tertentu yaitu penggunaan pembelajaran tematik kepada siswa agar dapat memperbaiki atau meningkatkan kualitas pembelajaran serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan rata-rata nilai hasil belajar dari rata-rata nilai dasar 55,23 naik menjadi 60,27 pada siklus ii dan 65,91 pada siklus iii, serta 75,09 pada siklus iv. Dilihat dari rata-rata kenaikan pada setiap siklus maka dapat dikatakan bahwa poin peningkatan dari nilai dasar naik menjadi 17,06 pada siklus ii, dan 19,41 pada siklus iii, serta 21,76 pada siklus iv. Dengan demikian melalui pembelajaran tematik hasil belajar matematika siswa kelas 3 sd negeri 005 Malinau mengalami peningkatan.

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > Sekolah
Pendidikan > Sekolah > Pembelajaran
Divisions: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > LPMP Kalimantan Timur
Depositing User: lpmpkaltim -
Date Deposited: 11 Oct 2019 06:48
Last Modified: 11 Oct 2019 06:48
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/15402

Actions (login required)

View Item View Item