Nanis, Nanis (2009) Upaya peningkatan kemampuan menulis kreatif siswa kelas V SD Negeri 004 Nunukan melalui pendekatan kontekstual. Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, III (1). pp. 99-105. ISSN 1858-3105

[img] Text
06 Juni 2009.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (188kB)

Abstract

Penelitian ini memfokuskan kepada kemampuan siswa dalam menulis kreatif dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Pembelajaran keterampilan menulis siswa kelas II SD masih belum memadai. Melalui penelitian tindakan kelas ini, keterampilan siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan suatu pendekatan pembelajaran yaitu pendekatan kontekstual yang dijadikan salah satu acuan dalam kurikulum Berbasis kompetensi. Pendekatan kontekstual bertujuan untuk memberi kesempatan lebih luas kepada siswa untuk kreatif mengembangkan keterampilan menulis sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya. Peningkatan keterampilan menulis dapat diketahui dari penilaian ketika proses pembelajaran dan penilaian di akhir pembelajaran. Aspek penilaiannya antara lain : kesesuain isi, tanda baca dan ejaan, struktur kalimat, diksi dan kerapihan. Semua data diolah dan dikumpulkan . Hasilnya, kemampuan siswa dalam menulis kreatif mengalami peningkatan.

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > Siswa
Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Bacaan siswa SD
Divisions: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > LPMP Kalimantan Timur
Depositing User: lpmpkaltim -
Date Deposited: 08 Nov 2019 08:50
Last Modified: 08 Nov 2019 08:50
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/15399

Actions (login required)

View Item View Item
garudaslot 55tbet garudaslot santuy4d garuda slot