Saryono, Saryono (2011) Upaya meningkatkan hasil belajar siswa SMP Negeri Anggana melalui pembinaan kegiatan pengembangan diri/ekstrakurikuler. Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, V (1). pp. 27-32. ISSN 1858-3105
Text
03 Juni 2011.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (190kB) |
Abstract
Kegiatan ekstrakurikuler memiliki empat fungsi diantaranya a.Pengembangan b.Sosial c.Rekreasi dan d.Persiapan karir. Keterlibatan siswa dalam kegiatan ekstra kurikuler diyakini mampu meningkatkan kreatifitas dan kemandirian siswa. Munculnya kreatifitas dan kemandirian siswa banyak didorong oleh keaktifannya mengikuti kegiatan ekstra yang ada di sekolah maupun di luar sekolah. Hasil data bahwa ada 10 siswa yang tidak mengikuti satupun kegiatan ekstrakurikuler 24%. Di sini berarti siswa klas IX yang berminat mengikuti kegiatan ekstrakurikuler adalah 76 % dan sebesar 71 % siswa mengkuti kegiatan ekstrakurikuler dengan kesungguhan. Dari data diatas terlihat bahwa siswa yang tidak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler nilai yang dicapai : nilai terendah 374=62, sedangkan nilai tertinggi
adalah 396=66. Untuk yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler nilai yang dicapai adalah : nilai terendah 379 = 63 sedangkan nilai tertinggi adalah 445= 74. Pada tahap II terjadi peningkatan keaktifan dalam mengikuti ekskul yaitu menjadi 74 %. Pada hasil tes daya serap jika dilihat tingkat kelulusan per mata pelajaran maka terlihat siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler adalah siswa yang lulus.
Kemudian dari hasil nilai rapor semester VI, terlihat siswa yang tidak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler nilai yang di capai terendah 393=6,6, nilai tertinggi 410=6,8, sedangkan siswa yang ikut kegiatan ekstrakurikuler nilai yang dicapai
adalah, nilai terendah 392= 6,5, nilai tertinggi 475=7,9 ini berarti siswa yang aktif ekstrakurikuler dapat mencapai nilai yang lebih baik. Begitu juga dengan nilai hasil Ujian Nasional. Dari data hasil antar kegiatan maka diperoleh bahwa dengan diberikannya kesempatan para siswa kelas IX untuk mengikuti kegiatan ekskul terlihat bahwa siswa yang aktif ikut kegiatan ekskul jauh lebih baik dibanding siswa yang tidak ikut kegiatan ekskul, ini terlihat pada tabel peringkat 1 sampai dengan 23 dicapai oleh siswa yang aktif ekskul, sedangkan yang tidak ikut hanya mencapai urutan ke 24 dan bahkan pada urutan yang terakhir ( 41 ).
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Diri/Ekskul ,peningkatan hasil belajar |
Subjects: | Pendidikan > Siswa Pendidikan > Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan > Sekolah > Pembelajaran |
Divisions: | Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > LPMP Kalimantan Timur |
Depositing User: | lpmpkaltim - |
Date Deposited: | 11 Oct 2019 06:25 |
Last Modified: | 11 Oct 2019 06:25 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/15392 |
Actions (login required)
View Item |