Kadir, Abdul (2009) Upaya meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran PKPS/IPS sejarah dengan menggunakan media gambar pada pokok bahasan peninggalan bangunan bersejarah pada siswa kelas IV SDN 014 Tanah Grogot. BORNEO: Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, III (1). pp. 73-84. ISSN 1858-3105
Text
04 Juni 2009.pdf - Published Version Download (212kB) |
Abstract
Berdasarkan hasil penelitian didapat Hasil belajar siswa pada siklus I adanya peningkatan dibandingkan sebelum pembelajaran dengan media gambar. Sebelum pembelajaran, hasil belajar siswa menunjukkan dari 42 orang siswa kelas IV, 30 orang (72%) siswa mendapatkan nilai di bawah 6, dan hanya 12 orang siswa (28%) yang mendapat diatas 6. Sesudah pembelajaran dilakukan hasilnya menjadi 15 orang siswa mendapatkan nilai di bawah 6, dan 27 orang mendapatkan nilai di atas 6. Keseluruhan rata-rata kelas menjadi 6,5; Sebelum diberi pembelajaran, hasil belajar siswa siswa pada siklus I dari 42 orang siswa kelas IV, 15 orang siswa mendapatkan nilai di bawah 6, dan 27 orang mendapatkan nilai di atas 6. Secara keseluruhan rata-rata kelas menjadi 6,50. Sesudah siklus II dilakukan hasilnya menjadi 5 orang siswa mendapatkan nilai di bawah 6, dan 37 orang mendapatkan nilai di atas 6. Secara keseluruhan rata-rata kelas menjadi 7,50; Upaya guru untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dengan menggunakan media gambar atau foto.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Gambar, Prestasi, Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Mutu Pendidikan Pendidikan > Siswa Pendidikan > Sekolah > Pembelajaran |
Divisions: | Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > LPMP Kalimantan Timur |
Depositing User: | lpmpkaltim - |
Date Deposited: | 22 Oct 2019 04:27 |
Last Modified: | 22 Oct 2019 04:27 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/15388 |
Actions (login required)
View Item |