Kadir, Abdul (2007) Upaya meningkatkan hasil belajar IPS sejarah dengan metode diskusi terbimbing dalam pokok bahasan perserikatan bangsa-bangsa pada siswa kelas VI SDN 014 Tanah Grogot tahun ajaran 2005/2006. Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, I (2). pp. 89-106. ISSN 1858-3105
Text
08 Desember 2007.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (240kB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan prosedur sebagai berikut Subyek yang digunakan seluruh siswa kelas VI SD N 014 Tanah Grogot berjumlah 39 siswa, Subyek penelitian dikenai tiga tahap yaitu :tahap awal, sebelum dikenai metode diskusi terbimbing (metode ceramah), dilakukan tes awal untuk mengetahui hasil belajar, tahap kedua, pada tahap ini dalam proses belajar mengajar digunakan metode, diskusi tetapi belum sempurna, setelah itu dilakukan tes tahap kedua, Tahap ketiga, pada tahap ini menggunakan metode diskusi terbimbing, selesai proses belajar mengajar dilakukan post test, Pengamatan perilaku dan keaktifan siswa saat melaksanakan diskusi terbimbing. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPS Sejarah siswa kelas VI SD N 014 Tanah Grogotpada pokok bahasan Perserikatan Bangsa-Bangsa Kecamatan Semarang Barat menunjukkan hasil yang cukup baik, yaitu
sebesar 81. Hasil tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar
yang semula di bawah angka ketuntasan, dapat meningkat
bahkan melebihi angka ketuntasan sebesar 81, 17.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | IPS Sejarah, Metode Diskusi |
Subjects: | Pendidikan > Sekolah > Pembelajaran |
Divisions: | Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > LPMP Kalimantan Timur |
Depositing User: | lpmpkaltim - |
Date Deposited: | 11 Oct 2019 05:51 |
Last Modified: | 11 Oct 2019 05:51 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/15373 |
Actions (login required)
View Item |