Supriano, Supriano (2019) Petunjuk teknis: program pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) melalui peningkatan kompetensi pembelajaran (PKP) berbasis zonasi. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Jakarta.
Text
190823 Juknis PKP.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (2MB) |
Abstract
Salah satu upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat
Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) untuk meningkatkan kualitas
pembelajaran yang bermuara pada peningkatan kualitas siswa adalah
menyelenggarakan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)
melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi yang
selanjutnya disebut dengan Program PKP.
Untuk meningkatkan efisiensi, efektifitas, serta pemerataan mutu pendidikan,
maka pelaksanaan Program PKP mempertimbangkan pendekatan kewilayahan,
atau dikenal dengan istilah zonasi. Melalui langkah ini, pengelolaan Pusat
Kegiatan Guru (PKG) TK, kelompok kerja guru (KKG) SD, atau musyawarah guru
mata pelajaran (MGMP) SMP/SMA/SMK, dan musyawarah guru bimbingan dan
konseling (MGBK), yang selama ini dilakukan melalui Gugus atau Rayon, dapat
terintegrasi melalui zonasi pengembangan dan pemberdayaan guru. Zonasi
memperhatikan keseimbangan dan keragaman mutu pendidikan di lingkungan
terdekat, seperti status akreditasi sekolah, nilai kompetensi guru, capaian nilai
rata-rata UN/USBN sekolah, atau pertimbangan mutu lainnya.
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | |
Divisions: | Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan |
Depositing User: | Perpustakaan Kemendikbud |
Date Deposited: | 27 Sep 2019 06:38 |
Last Modified: | 27 Sep 2019 06:53 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/15149 |
Actions (login required)
View Item |