Shadiq, Fadjar and Mustajab, Nur Amini (2011) Modul matematika SD program BERMUTU: penerapan teori belajar dalam pembelajaran matematika di SD. [Teaching Resource]
Text
13.PENERAPAN TEORI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN ...pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (2MB) |
Abstract
Sebagian dari ahli teori belajar atau ahli psikologi dikenal sebagai ahli psikologi tingkah laku (behaviorist). Contohnya adalah Burrhus F. Skinner, Thorndike, dan Robert M. Gagne. Sebagian lagi dikenal sebagai ahli psikologi kognitif (cognitive science). Contohnya adalah Jean Piaget; Zoltan P. Dienes; Richard R. Skemp; David P. Ausubel; Jerome Bruner; maupun Lev. S. Vygotsky. Setiap teori yang telah dikemukakan para pakar tersebut memiliki keunggulan dan kelemahan sendiri-sendiri. Karena itulah, hal paling penting yang perlu diperhatikan para guru matematika adalah agar setiap guru dapat menggunakan dengan tepat keunggulan setiap teori tersebut di kelasnya masing-masing. Di samping itu, beberapa teori kelihatannya berbeda-beda, namun ada juga yang mirip. Modul ini membahas tentang teori belajar (learning theory) yang berkaitan dengan pembelajaran matematika diantaranya: teori belajar tingkah laku (behaviourism) dari Thorndike dan Robert M. Gagne; serta teori belajar kognitif dari Piaget, Bruner (yang terdiri atas enaktif, ikonik, dan simbolik), dan Ausubel (tentang teori belajar bermakna) beserta penerapannya dalam pembelajaran.
Item Type: | Teaching Resource |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru dan Tenaga Kependidikan > Modul Pembelajaran |
Divisions: | Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan > Sekretariat Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan > PPPPTK Matematika |
Depositing User: | Mrs Sri Pudjiastuti |
Date Deposited: | 11 Oct 2019 08:07 |
Last Modified: | 11 Oct 2019 08:07 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/15115 |
Actions (login required)
View Item |