Shadiq, Fadjar and Mustajab, Nur Amini (2011) Modul matematika SD program BERMUTU: penerapan teori belajar dalam pembelajaran matematika di SD. [Teaching Resource]

[img] Text
13.PENERAPAN TEORI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN ...pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (2MB)

Abstract

Sebagian dari ahli teori belajar atau ahli psikologi dikenal sebagai ahli psikologi tingkah laku (behaviorist). Contohnya adalah Burrhus F. Skinner, Thorndike, dan Robert M. Gagne. Sebagian lagi dikenal sebagai ahli psikologi kognitif (cognitive science). Contohnya adalah Jean Piaget; Zoltan P. Dienes; Richard R. Skemp; David P. Ausubel; Jerome Bruner; maupun Lev. S. Vygotsky. Setiap teori yang telah dikemukakan para pakar tersebut memiliki keunggulan dan kelemahan sendiri-sendiri. Karena itulah, hal paling penting yang perlu diperhatikan para guru matematika adalah agar setiap guru dapat menggunakan dengan tepat keunggulan setiap teori tersebut di kelasnya masing-masing. Di samping itu, beberapa teori kelihatannya berbeda-beda, namun ada juga yang mirip. Modul ini membahas tentang teori belajar (learning theory) yang berkaitan dengan pembelajaran matematika diantaranya: teori belajar tingkah laku (behaviourism) dari Thorndike dan Robert M. Gagne; serta teori belajar kognitif dari Piaget, Bruner (yang terdiri atas enaktif, ikonik, dan simbolik), dan Ausubel (tentang teori belajar bermakna) beserta penerapannya dalam pembelajaran.

Item Type: Teaching Resource
Subjects: Pendidikan > Guru dan Tenaga Kependidikan > Modul Pembelajaran
Divisions: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan > Sekretariat Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan > PPPPTK Matematika
Depositing User: Mrs Sri Pudjiastuti
Date Deposited: 11 Oct 2019 08:07
Last Modified: 11 Oct 2019 08:07
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/15115

Actions (login required)

View Item View Item
Slot Toto ladangtoto garudaslot santuy4d garuda slot