Purwaningsih, Ernawati and Galba, Sindu and Ariani, Christriyati (2014) Interaksi penghuni asrama mahasiswa dengan masyarakat sekitar suatu pijakan awal multikulturalisme kasus lima asrama mahasiswa Daerah Istimewa Yogyakarta. Direktorat Jenderal Kebudayaan, Jakarta. ISBN 9786021222171
Text
Inetraksi penghuni asrama mahasiswa dengan masyarakat sekitar suatu pijakan awal multikulturalisme kasus lima asrama maha~1.PDF - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (59MB) |
Abstract
Sebagai kota pendidikan hingga kini Yogyakarta masih menjadi 'magnit' bagi pelajar dan mahasiswa untuk rnenuntut ilmu di Yogyakarta. Tentu ada beberapa alasan mengapa rnereka memilih Yogyakarta sebagai tempat untuk menuntut ilmu. Sebagai konsekuensi predikat tersebut, maka mendorong tumbuhnya asrama rnahasiswa/pelajar yang ada di Yogyakarta. Seringkali Yogyakarta mendapat sebutan sebagai "Indonesia Mini", karena hampir setiap sukubangsa yang ada di Indonesia bisa ditemukan di Yogyakarta melalui perwakilan asrama mahasiswa/pelajar. Hadirnya asrama rnahasiswa sebagai tempat tinggal mahasiswa tentu menimbulkan permasalahan baru terutama menyangkut bagaimana mereka saling her-interaksi, baik interaksi antarpenghuni asrama maupun interaksi penghuni asrama dengan masyarakat sekitar. Adanya perbedaan budaya untuk saling mengenal tentu menjadi dasar pijakan mereka untuk membantu terjalinnya interaksi tersebut. Konsep multikulturalisme dengan mengedepankan kesepahaman, saling menghargai dan saling menghormati menjadi kunci yang sangat penting untuk mewujudkan interaksi yang akan mereka bangun.
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan |
Divisions: | Direktorat Jenderal Kebudayaan > Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan > BPNB D.I.Yogyakarta |
Depositing User: | Sekretariat Ditjen Kebudayaan |
Date Deposited: | 23 Oct 2019 04:02 |
Last Modified: | 23 Oct 2019 04:02 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/13623 |
Actions (login required)
View Item |