Purwanto, Purwanto (2016) Jurnal Teknodik Vol.20 No.2 Desember 2016. Jurnal Teknodik, 20 (2). Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan, Tangerang Selatan. ISBN 20883978
Text
2016 DESEMBER ok.pdf Download (1MB) |
Abstract
ingkat keaktifan siswa dalam mempelajari Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) secara klasikalrendah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan guru untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menerapkansuatu model pembelajaran yang menarik dan inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatanaktivitas siswa kelas XII IIS 4 SMA Negeri 2 Pontianak, dalam mempelajari Microsoft Excel pada semester ganjiltahun pelajaran 2015/2016 dengan menggunakan “learning together”. Penelitian ini menggunakan metodepenelitian tindakan kelas yang meliputi 2 siklus: (1) Siklus I, yang membahas materi fungsi teks, tanggal, danwaktu; dan (2) Siklus II, yang membahas materi fungsi statistik dan logika. Pengumpulan data dilakukan denganmenggunakan lembar observasi aktivitas siswa, lembar obervasi kegiatan guru, dan dokumentasi. Analisis datadilakukan dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatanaktivitas siswa. Pada siklus I, persentase keaktifan siswa adalah 54%, dan pada siklus II, persentase ini naikmenjadi 77%. Disarankan kepada guru untuk menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe learning togethersebagai model pembelajaran pada materi formula Microsoft Excel untuk meningkatkan aktivitas siswa.Pembelajaran dengan model learning together mampu membuat siswa menjadi lebih aktif sehingga tujuanpembelajaran dapat tercapai dengan optimal.
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Teknologi Informasi > Teknologi Pendidikan |
Divisions: | Sekretariat Jenderal > Pusat Data dan Teknologi Informasi |
Depositing User: | Mr Moh Yusuf Triwidodo |
Date Deposited: | 12 Jun 2019 11:39 |
Last Modified: | 03 Mar 2020 07:56 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/13136 |
Actions (login required)
View Item |