Suasta, Ida Bagus Made and Mayun, Ida Bagus and Rupa, Wayan (1997) Modernisasi dan pelestarian: perkembangan metode dan teknik penulisan aksara Bali. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.
Text
modernisasi dan pelestarian perkembangan metode dan teknik penulisan aksara bali.pdf Download (22MB) |
Abstract
Aksara-aksara tersebut berkembang sesuai dengan perkembangan teknologi dan pengetahuan menulis termasuk pula alat-alat dan bahan-bahan serta cara-cara penulisannya. Pada awalnya dalam penulisan aksara tersebut menggunakan alat dan bahan-bahan yang didapatkan dari alam dengan cara penulisan yang sangat sederhana. Berbeda halnya dengan tulisan Latin yang perkembangannya dia, Yali dengan media kertas dan cetak (mesin cetak telah ada) bahkan dalam perkembangan selanjutnya telah memanfaatkan teknologi modern sehingga perkembangan aksara Latin semakin tidak terkejar oleh aksara-aksara lainnya yang pada akhirnya aksara -aksara yang tertinggal akan menjadi aksara lama atau kuna yang dianggap kurang efektif dalam era komunikasi dan informasi modern. Namun kenyataannya aksara-aksara lama tersebut yang dalam hal ini aksara Bali masih tetap hidup dan digunakan di daerah Bali sebagai alat komunikasi secara tertulis walaupun terbatas dalam hubungannya dengan masalah-masalah dan tradisi yang bersifat tradisional. Dengan demikian aksara Bali sebagai salah satu unsur khasanah kebudayaan Bali sangat penting diinformasikan kaberadaannya dan perkembangannya ayat sebagai salah satu masukan dalam usaha pembinaan dan pengembangan kebudayaan Nasional.
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Literasi Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Sastra Indonesia Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan |
Divisions: | Direktorat Jenderal Kebudayaan |
Depositing User: | Sekretariat Ditjen Kebudayaan |
Date Deposited: | 28 May 2019 15:25 |
Last Modified: | 28 May 2019 15:25 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/13017 |
Actions (login required)
View Item |