Tashadi, Tashadi and Harnoko, Darto and Suhatno, Suhatno (1986) Tingkat kesadaran sejarah siswa SMTA dan masyarakat di Kotamadya Yogyakarta. Direktorat sejarah dan Nilai Tradisional, Jakarta.
Text
Tingkat Kesadaran Sejarah Siswa SMTA dan Masyarakat di Kotamadya Yogyakarta.pdf Download (29MB) |
Abstract
Menurut pedoman penelitian tingkat kesadaran sejarah untuk SMTA dan masyarakat, maka dalam kesimpulan berisi uraian tentang evaluasi sejarah, analisis sejarah, partisipasi sejarah, dan saran-saran pembinaan sejarah. Evaluasi sejarah dapat diartikan sebagai kesanggupan untuk memahami adanya dimensi waktu untuk segala sesuatu, dalam arti kesinambungan dan perubahan-perubahannya;oleh karena itu kesadaran sejarah Indonesia ialah bahwa bangsa Indonesia mempunyai kesadaran masa lalu, masa kini dan masa depan. Seseorang disebut mempunyai kesadaran sejarah kalau ia, dapat menghubungkan lingkungan sejarahnya sejak masa lampau sampai masa kini sebagai kelanjutan. Selanjutnya pengertian analisis sejarah yaitu kemampuan seseorang untuk menghubungkan peristiwa masa kini kepada akarnya di masa lalu, sehingga ia mampu melihat hubungan sebab-akibat, kemiripan, dan kelanjutan suatu peristiwa
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kebudayaan Pendidikan > Kebudayaan > Arkeologi Pendidikan > Kebudayaan > Cagar Budaya Pendidikan > Kebudayaan > Kearifan lokal Pendidikan > Kebudayaan > Masyarakat Adat Pendidikan > Buku Sekolah |
Divisions: | Direktorat Jenderal Kebudayaan |
Depositing User: | Sekretariat Ditjen Kebudayaan |
Date Deposited: | 27 May 2019 13:33 |
Last Modified: | 27 May 2019 13:33 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/12406 |
Actions (login required)
View Item |