Susanti, Ratna (2018) Strategi penggunaan bahasa iklan komersial pada media luar ruang di Surakarta (sebuah tinjauan pragmatik). Working Paper. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Jakarta.
Text
STRATEGI PENGGUNAAN BAHASA IKLAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menginvestigasi penggunaan bahasa iklan bidang perniagaan dalam media luar ruang yang ada di Kota Surakarta ditinjaui dari ilmu pragmatik. Pengiklan menggunakan bahasa sebagai salah satu alat komunikasi untuk menyampaikan gagasangagasan dalam menjual produk atau menawarkan jasanya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pragmatik merujuk pada teori tindak tutur Searle (dalam Leech, 2014). Untuk menganalisis dari aspek pragmatik, khususnya strategi penggunaan bahasa maupun cara penyampaian makna dan pesan iklan digunakan teori dari Leech (2014).
Item Type: | Monograph (Working Paper) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Bahasa Indonesia Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Literasi Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Penelitian Bahasa dan Sastra |
Divisions: | Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa |
Depositing User: | Miss Eva Sulistiyaningsih |
Date Deposited: | 12 Feb 2019 11:24 |
Last Modified: | 12 Feb 2019 11:24 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/10471 |
Actions (login required)
View Item |