Maulida, Siti Zumrotul (2018) Penggunaan Bahasa Indonesia dalam iklan politik. Working Paper. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Jakarta.

[img] Text
PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DALAM IKLAN POLITIK.pdf

Download (727kB)

Abstract

Tahun 2018 merupakan tahun politik bagi rakyat Indonesia karena pada tahun ini mereka secara langsung dan serentak akan memilih pemimpin-pemimpin dalam pilbub, pilgub, dan pileg. Layaknya produk dagang, para cagub, cabub, dan caleg diiklankan secara besar-besaran oleh partai pengusung dan tim suksesnya. Selain menggunakan gambar dan simbol, iklan politik juga mendayagunakan bahasa untuk merebut massa. Penggunaan bahasa Indonesia dalam iklan politik termasuk penggunaan bahasa Indonesia di ruang publik. Penggunaan bahasa Indonesia di ruang publik sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009. Namun, peraturan tersebut sering diabaikan. Untuk itu, penelitian ini memusatkan pada pelanggaran penggunaan bahasa Indonesia dalam iklan politik pilgub, pilbub, dan pileg di Jawa Timur.

Item Type: Monograph (Working Paper)
Subjects: Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan
Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Bahasa Indonesia
Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Literasi
Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Penelitian Bahasa dan Sastra
Divisions: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa
Depositing User: Miss Eva Sulistiyaningsih
Date Deposited: 06 Feb 2019 03:25
Last Modified: 06 Feb 2019 03:25
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/10247

Actions (login required)

View Item View Item
garudaslot 55tbet garudaslot santuy4d garuda slot