Maulida, Siti Zumrotul (2018) Penggunaan Bahasa Indonesia dalam iklan politik. Working Paper. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Jakarta.
Text
PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DALAM IKLAN POLITIK.pdf Download (727kB) |
Abstract
Tahun 2018 merupakan tahun politik bagi rakyat Indonesia karena pada tahun ini mereka secara langsung dan serentak akan memilih pemimpin-pemimpin dalam pilbub, pilgub, dan pileg. Layaknya produk dagang, para cagub, cabub, dan caleg diiklankan secara besar-besaran oleh partai pengusung dan tim suksesnya. Selain menggunakan gambar dan simbol, iklan politik juga mendayagunakan bahasa untuk merebut massa. Penggunaan bahasa Indonesia dalam iklan politik termasuk penggunaan bahasa Indonesia di ruang publik. Penggunaan bahasa Indonesia di ruang publik sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009. Namun, peraturan tersebut sering diabaikan. Untuk itu, penelitian ini memusatkan pada pelanggaran penggunaan bahasa Indonesia dalam iklan politik pilgub, pilbub, dan pileg di Jawa Timur.
Item Type: | Monograph (Working Paper) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Bahasa Indonesia Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Literasi Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Penelitian Bahasa dan Sastra |
Divisions: | Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa |
Depositing User: | Miss Eva Sulistiyaningsih |
Date Deposited: | 06 Feb 2019 03:25 |
Last Modified: | 06 Feb 2019 03:25 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/10247 |
Actions (login required)
View Item |