Srini, Susana and Siagian, Nurman and Kia, David Ola and Dapamerang, Debora (2018) Panduan praktis penguatan pendidikan karakter kontekstual. Pusat Analisis dan Sinkronisasi Kebijakan, Jakarta.
Text
Panduan Praktis Penguatan Pendidikan Karakter Kontekstual [untuk Daerah 3T].pdf Download (10MB) |
Abstract
Pengaruh globalisasi yang menghubungkan manusia, mesin dan data secara real time menjadi tantangan bagi dunia pendidikan pada era revolusi gelombang keempat, atau disebut juga Revolusi Industri 4.0, khususnya bagi peradaban manusia dan perilaku generasi. Dalam menyikapi fenomena ini, Pendidikan Karakter Kontekstual dapat menjadi alternatif dalam mempersiapkan anak dalam menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Pendidikan Karakter Kontekstual berakar pada sebuah nilai utama dalam satu kelompok masyarakat yang dijadikan dasar kerangka kerja kurikulum dalam menentukan karakter dan keterampilan diri bagi proses pembangunan di tengah masyarakat. Melalui buku ini, diharapkan para fasilitator dan guru dapat memahami kerangka model Pendidikan Karakter Kontekstual serta dapat merancang rencana pelaksanaan pembelajaran yang sesuai dengan potensi alam, budaya dan kearifan budaya setempat bagi pengalaman belajar, kesadaran kritis serta kemampuan pada anak untuk menjadi manusia Indonesia sejati yang siap menghadapi tuntutan dunia global.
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud Pendidikan > Siswa Pendidikan > Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan > Sekolah Pendidikan > Sekolah > Pendidikan Karakter Pendidikan > Buku Sekolah |
Divisions: | Sekretariat Jenderal > Pusat Penguatan Karakter |
Depositing User: | Miss nurhayati nurhayati |
Date Deposited: | 25 Jan 2019 02:47 |
Last Modified: | 06 Mar 2020 03:27 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/10093 |
Actions (login required)
View Item |