Hasanudin, Hasanudin (2011) Dampak penerapan metode participatory rural apraisal (PRA) pada penyelenggaraan program pendidikan dan pengembangan anak usia dini (studi di Kecamatan Merbau Mataram Lampung Selatan). Damar Jayagiri jurnal penelitian dan pengkajian pendidikan non formal, 2011. pp. 48-53. ISSN 2087-1260

[img] Text
48-53.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan tentang dampak penerapan metode Participatory Rural Appraisal terhadap Partisipasi Masyarakat pada Program PPAUD di Kecamatan Merbau Mataram Kabupaten Lampung Selatan. Permasalahan utama yang dikaji dalam penelitian ini adalah sejauh mana komponen Participatory Rural Appraisal berdampak pada Partisipasi Masyarakat di Kecamatan Merbau Mataram Kabupaten Lampung Selatan. Teori Partisipan Jim Ife terdiri dari 6 indikator partisipasi masyarakat yaitu: Empati dalam bentuk tindakan, kewenangan peran dan fungsi, kesadaran tanggung jawab, ikatan emosional dalam mengorganisir, rasa memiliki dalam mengontrol, aspek mentalis. Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Participatory Rural Appraisal memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap partisipasi masyarakat dalam program PPAUD di Kecamatan Merbau Mataram, dengan demikian maka hipotesis yang penelitian ajukan dapat diterima.

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > Sekolah > Paud dan Taman Kanak-Kanak
Divisions: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > PP-PAUD dan Dikmas Jawa Barat
Depositing User: Mrs Sofi Suwaris
Date Deposited: 11 May 2019 10:50
Last Modified: 11 May 2019 10:50
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/8981

Actions (login required)

View Item View Item