Kotan, Daniel Boli and Kasmudi, Marianus Didi (2017) Pendidikan agama Katolik dan budi pekerti, SD kelas IV : buku siswa. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud, Jakarta. ISBN 9786022828228

[img]
Preview
Text
buku siswa katolik.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran agama diharapkan mampu menambah wawasan keagamaan, mengasah keterampilan beragama dan mewujudkan sikap beragama peserta didik yang utuh dan berimbang yang mencakup hubungan manusia dengan Penciptanya, sesama manusia dan manusis dengan lingkungannya. Untuk itu pendidikan agama perlu diberi penekanan khusus terkait dengan penanaman karakter dalam pembentukan budi pekerti yang luhur. Karakter yang ingin kita tanamkan antara lain: kejujuran, kedisiplinan, cinta kebersihan, cinta kasih, semangat berbagi, optimisme, cinta tanah air, kepenasaran intelektual, dan kreativitas. Pembelajarannya dibagi-bagi dalam kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan peserta didik dalam usaha memahami pengetahuan agamanya. Akan tetapi pengetahuan agama bukanlah hasil akhir yang dituju. Pemahaman tersebut harus diaktualisasikan dalam tindakan nyata dan sikap keseharian yang sesuai dengan tuntunan agamanya, baik dalam bentuk ibadah ritual maupun ibadah sosial. Untuk itu, sebagai buku agama yang mengacu pada kurikulum berbasis kompetensi, rencana pembelajarannya dinyatakan dalam bentuk aktivitas-aktivitas. Di dalamnya dirancang urutan pembelajaran yang dinyatakan dalam kegiatan-kegiatan keagamaan yang harus dilakukan peserta didik. Dengan demikian, buku ini menuntun apa yang harus dilakukan peserta didik bersama guru dan teman-teman sekelasnya untuk memahami dan menjalankan ajaran iman katolik. Buku ini bukanlah satu-satunya sumber belajar bagi peserta didik. Sesuai dengan pendekatan yang dipergunakan dalam Kurikulum 2013, peserta didik didorong untuk mempelajari agamanya melalui pengamatan terhadap sumber belajar yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Lebih-lebih untuk usia remaja perlu ditantang untuk kritis sekaligus peka dalam menyikapi fenomena alam, sosial, dan seni budaya.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Siswa
Pendidikan > Sekolah > Sekolah Dasar
Pendidikan > Kebudayaan > Kepercayaan
Pendidikan > Buku Sekolah
Divisions: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan > Pusat Kurikulum dan Perbukuan
Depositing User: Mrs Syafnelly Syafnelly
Date Deposited: 20 Sep 2018 07:38
Last Modified: 15 Jul 2021 11:15
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/6944

Actions (login required)

View Item View Item
Slot Toto ladangtoto garudaslot santuy4d garuda slot