Soepardjo, Soepardjo and Marah, Risman (1991) Album gerabah tradisional (Lampung-Kalimantan Selatan-Bali-Sulawesi Utara-Sulawesi Tengah-Nusa Tenggara Timur) : album of traditional pottery (Lampung-South Kalimantan-Bali-North Sulawesi-Central Sulawesi-East Nusa Tenggara). Proyek Pembinaan Media Kebudayaan, Jakarta.

[img]
Preview
Text (Buku ini berkaitan dengan hasil kebudayaan daerah Indonesia)
ALBUM GERABAH TRADISIONAL LAMPUNG.KALSEL.BALI.SULUT.SULTENG.NUSA TENGGARA TIMUR.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (52MB) | Preview

Abstract

Salah satu basil kerajinan masyarakat tani ialah benda gerabah, benda yang dibuat dari tanah liat yang dikeringkan dengan melakukan pembakaran secara sederhana tanpa menggunakan pelapis glasir seperti pada keramik biasa. Jadi gerabah ialah hasil tahap awal dari kerajinan keramik dan yang sudah dikenal sejak zaman Prasejarah. Di Indonesia gerabah banyak ditemukan di beberapa daerah peninggalan kebudayaan Neolitik. Sampai sekarang di beberapa daerah pedesaan masih dapat dikenal kerajinan gerabah yang masih menggunakan cara-cara pembuatan yang sederhana seperti yang diwariskan oleh nenek moyang secara turun menurun.
Benda-benda gerabah seperti bejana, tembikar, periuk, kendi, ceret, mangkuk, dan sebagainya sudah banyak yang sukar ditelusuri di daerah-daerah pedesaan di Indonesia, kecuali di daerah pedalaman yang sampai sekarang belum atau jarang tersentuh oleh kebudayaan asing.
Pada buku Album Budaya ini disajikan secara visual berbagai karya kerajinan gerabah dari Propinsi Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara yang masih memperlihatkan tanda-tanda tradisi kerajinan gerabah prasejarah. Dari Propinsi Lampung basil kerajinan gerabah menampilkan bentuk yang lebih maju dengan tanda-tanda yang menunjukkan adanya pengaruh dari seni keramik asing.
Hasil kerajinan gerabah dari Bali, dan Propinsi Kalimantan Selatan memperlihatkan tanda-tanda kesenian rakyat setempat, dan tidak banyak berfungsi sebagai benda pakai, tetapi juga sebagai benda hiasan, dan alat upacara adat.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Kearifan lokal
Pendidikan > Kebudayaan > Warisan budaya
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 13 Feb 2024 01:38
Last Modified: 13 Feb 2024 01:38
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/30777

Actions (login required)

View Item View Item