Abizar, Abizar, dll (1982) Ceritera rakyat daerah Sumatera Barat. Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Kebudayaan Daerah, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.

[img]
Preview
Text
CERITERA RAKYAT DAERAH SUMATERA BARAT.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (67MB) | Preview

Abstract

Usaha pendidikan mental masyarakat daerah dan pembinaan kebudayaan Nasional umumnya, perlu didasarkan kepada nilai budaya yang terdapat dalam masyarakat bersangkutan. Nilai budaya yang dimaksud dapat diidentifikasikan dari berbagai sumber, dan dengan berbagai cara. Ceritera Rakyat adalah satu dari sekian sumber/media, melalui mana nilai-nilai tersebut dapat diketahui.
Memang telah banyak ceritera rakyat daerah yang berhasil dikumpulkan. Namun, penggalian nilai budaya yang terkandung di dalamnya, ataupun pengidentifikasian. nilai budaya masyarakat melalui cerita tersebut, dirasa masih belum memadai. Dengan penambahan volume ceritera rakyat terus menerus melalui usaha pengumpulan, merupakan suatu kegiatan pokok dalam langkah/usaha penggalian nilai-nilai di atas. Khusus untuk daerah Sumatera Barat, pengumpulan dan penulisan ceritera rakyat telah sejak lama dimulai. Usaha ini dilakukan baik oleh inisiatif perorangan maupun lembaga pemerintah
atau swasta.
Sebagai hasilnya telah beredar di tengah masyarakat sejumlah besar naskah, baik dalam bahasa daerah maupun dalam bahasa Indonesia. Namun, bagaimanapun, kenyataannya masih banyak ceritera yang tetap tinggal dari mulut ke mulut. Maka, usaha pengumpulan yang dilakukan sekarang, di satu pihak akan dapat mencegah kemungkinan hilangnya ceritera tersebut akibat pergantian generasi, di pihak lain akan memperkaya sumber, melalui mana penggalian nilai-nilai budaya daerah seperti yang disebutkan di atas, dapat dilaksanakan.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Cerita rakyat
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 20 Dec 2023 03:44
Last Modified: 20 Dec 2023 03:44
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/30593

Actions (login required)

View Item View Item